Senin, 15 Mei 2006

103) Apakah para perempuan membeli rempah-rempah setelah hari Sabat (Markus 16:1) atau sebelum hari Sabat? (Lukas 23:55 -24:1)


103) Apakah para  perempuan membeli   rempah-rempah  setelah hari  Sabat (Markus 16:1) atau sebelum hari Sabat? (Lukas 23:55 -24:1) 
JAWAB : (Kategori : Salah memahami ayat dan konteks historis) 
Markus 16:1 
Setelah lewat  hari  Sabat,  Maria Magdalena dan Maria ibu Yakobus, serta   Salome  membeli   rempah-rempah   untuk   pergi   ke   kubur   dan meminyaki Yesus.
Versus : 
Lukas 23:55 – 24:1
23:54 Hari itu adalah hari persiapan dan sabat hampir mulai. 
23:55 Dan perempuan-perempuan yang datang bersama-sama dengan Yesus   dari  Galilea,   ikut   serta   dan  mereka  melihat   kubur   itu   dan bagaimana mayat-Nya dibaringkan. 
23:56a Dan setelah pulang, mereka menyediakan rempah-rempah dan minyak mur. 
23:56b  Dan   pada   hari   Sabat  mereka   beristirahat  menurut   hukum Taurat, 
24:1 tetapi pagi-pagi benar pada hari pertama minggu itu mereka pergi ke kubur membawa rempah-rempah yang telah disediakan mereka. 

Dalam  beberapa   kisah   detail   tentang   kebangkitan  Yesus   di dalam  Injil,   terungkap   bahwa   ada   2   kelompok   perempuan   dalam perjalanan menuju kubur  batu dan berharap akan saling bertemu di sana.   Jelaslah bahwa  Maria  Magdalena  dan kelompoknya  membeli rempah-rempah setelah   Sabat,   seperti   yang   tertulis   dalam Markus 16:1. Sedangkan Yohana   dan   teman-temannya membeli   rempah-rempah   sebelum  hari   Sabat seperti   yang disebutkan   dalam Lukas 23:56.  Hanya  Lukas   yang   menceritakan   tentang   Yohana dan kelompoknya, menandakan Lukas hendak menekankan peran penting Yohana  dan  teman-temannya dalam kisah kebangkitan Yesus. Adadua hari Sabat dalam peristiwa kematian dan kebangkitan Yesus. Dan diantara dua hari Sabat itu ada hari persiapan.  Jadi Sabat jatuh pada hari Kamis dan Sabtu, sedang persiapan adalah hari sebelumnya. Hari persiapan dalam Lukas adalah hari Jumat. Hari Kamis itu adalah hari Sabat Istimewa yang terjadi 49 minggu sekali atau disebut sabat ke-50.

1 komentar:

  1. ini bukan kontradiksi, tapi memang terjadi 2x hari sabat pada minggu itu..
    menurut tradisi Yahudi hari raya paskah pertama itu disebut hari sabat juga, setiap tahun hari paskah pertama bisa jatuh pada hari apa saja, ntah itu hari senin,selasa, rabu, kamis, jumat, sabtu, dan minggu.

    nah kebetulan hari paskah pertama pada penyaliban pada hari rabu, dimana pada hari itu hari paskah Yahudi jatuh pada hari kamis..

    BalasHapus