Senin, 31 Maret 2003

9) Siapakah Ayahnya Yusuf, suami Maria? Apakah Yakub atau Eli?

9) Siapakah Ayahnya Yusuf, suami Maria? Apakah Yakub (Matius 1:16) Atau Eli? (Lukas 3:23)

JAWAB : (Kategori: salah memahami penggunaan bahasa Ibrani)
Jawaban pertanyaan ini mudah. Para ahli setuju bahwa Matius memberikan silsilah Yesus menurut garis keturunan Yusuf sedangkan Lukas menuliskan dari garis Maria, dengan kata lain, Yakub adalah ayah dari Yusuf dan Eli adalah ayah dari Maria.

Yesus anak Yusuf 'menurut anggapan orang' artinya menurut hukum yang berlaku --> Yesus Kristus adalah anak Yusuf secara legal. Disamping itu pula orang menganggap Yesus adalah anak Yusuf, karena mereka tidak percaya bahwa Yesus lahir dari benih perempuan tanpa dibuahi oleh benih manusia.

Berdasarkan tradisi Ibrani, silsilah senantiasa ditulis menurut anak laki-laki dan Lukas menulis silsilah dari pihak Maria. Jadi Eli adalah ayah kandung Maria. Jika seandainya silsilah ini ditelusuri terus, ternyata Maria pun masih merupakan keturunan Daud.

Dari mana Lukas mengetahui bahwa ayah Maria adalah Eli? Lukas menulis Kisah Para Rasul, apabila ada berita dalam Kisah Para Rasul dengan ungkapan “kami” berarti berasal dari Lukas. Ternyata Lukas menyertai Paulus ke Yerusalem, bertemu dengan Maria, ibu Yesus, dan menulis Injil Lukas berdasarkan penyelidikannya.

Kisah Para Rasul 21:17-18
"Ketika kami tiba di Yerusalem, semua saudara menyambut kami dengan suka hati. Pada keesokan harinya pergilah Paulus bersama-sama dengan kami mengunjungi Yakobus; semua penatua telah hadir di situ."

Lukas 1:3
"Karena itu, setelah aku menyelidiki segala peristiwa itu dengan seksama dari asal mulanya, aku mengambil keputusan untuk membukukannya dengan teratur bagimu."

Jadi, Ayahnya Yusuf adalah YAKUB, sedangkan ELI adalah Ayah Mertua Yusuf.

10 komentar:

  1. genealogy nggak lewat garis mertua domb, tapi dari orang tua langsung bahahahahahahaahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lha Maria kan orgtua Yesus dan Yesus lahir dari Roh yg ditiupkan BAPA, jadi boleh donk Lukas menjelaskan utk melengkapi. Krn dlm tradisi yg namanya silsilah garis keturunan itu yg disebutkan adalah nama laki2, maka disebutlah Yusuf.. begono bray..

      Hapus
    2. Rumus dari mana tuh Garis keturunan diambil dari Ayah tiri bray?

      Hapus
    3. Gita E Sinay dlm bible itu nggak ada kisah Allah Bapa MENIUP.. thank

      Hapus
  2. (Menurut Patrizi, pandangan bahwa St. Lukas memberikan silsilah Maria mulai diadvokasi hanya pada akhir abad ke 15 oleh Annius dari Viterbo, dan memperoleh pengikut di abad ke 16. St. Hillary menyebut opini ini karena diadopsi oleh banyak orang, tetapi ia sendiri menolak opini ini.)
    =========Catatan Tradisi Kristen Generasi Awal benar-benar kompleks karena mencakup tradisi Yahudi Levirate marriage. (http://en.wikipedia.org/wiki/Levirate_marriage )

    BalasHapus
  3. Pandangan Injil-injil Apokrip

    Injil-injil apokrip (yang ditolak oleh Gereja Katholik) seperti Injil Kelahiran Maria (the Gospel of Nativity of Mary) dan Injil James (The Gospel of James atau the Infancy Gospel of James) mengatakan bahwa ayah kandung Maria adalah Joachim (Ioacim) dan ibu kandung Maria adalah Anna (Anne).

    BalasHapus
  4. Orang Tua Maria menurut Al-Qur’an

    QS Ali ‘Imran
    36. Maka tatkala isteri ‘Imran melahirkan anaknya, diapun berkata: “Ya Tuhanku, sesunguhnya aku melahirkannya seorang anak perempuan; dan Allah lebih mengetahui apa yang dilahirkannya itu; dan anak laki-laki tidaklah seperti anak perempuan. Sesungguhnya aku telah menamai dia Maryam dan aku mohon perlindungan untuknya serta anak-anak keturunannya kepada (pemeliharaan) Engkau daripada setan yang terkutuk.”

    37. Maka Tuhannya menerimanya (sebagai nazar) dengan penerimaan yang baik, dan mendidiknya dengan pendidikan yang baik dan Allah menjadikan Zakariya pemeliharanya. Setiap Zakariya masuk untuk menemui Maryam di mihrab, ia dapati makanan di sisinya. Zakariya berkata: “Hai Maryam dari mana kamu memperoleh (makanan) ini?” Maryam menjawab: “Makanan itu dari sisi Allah.” Sesungguhnya Allah memberi rezeki kepada siapa yang dikehendaki-Nya tanpa hisab.

    Orang tua Maryam yang benar adalah IMRAN bukan ELI

    BalasHapus
    Balasan
    1. SIAPAKAH KELUARGA "IMRAN" ==> ADALAH KELUARGA DARI HARUN, MUSA DAN MARYAM ~~ BUKAN MARYAM IBU YESUS
      MARYAM SAUDARA HARUN DENGAN MENGKOMBINASIKAN AYAHNYA IMRAN
      MERUPAKAN KOMBINASI UNTUK KELUARGA IMRAN DENGAN ANAK-ANAKNYA HARUN, MUSA DAN MARYAM ~~ BUKAN MARYAM IBU YESUS.

      Hapus
  5. Jadi, Yusuf adalah anak biologis dari Yakub keturunan Salomo bin Daud maupun anak legal dari Eli keturunan Natan bin Daud. Jadi ada dua silsilah yang diabadikan. Meskipun secara legal adalah anak Eli, Yusuf dan ibunya tetap berada dalam keluarga Yakub, menurut tradisi, dan Yusuf secara legal mendapat waris dari Yakub.https://en.wikipedia.org/wiki/Genealogy_of_Jesus

    Jadi tradisi umat Kristen generasi awal memandang bahwa silsilah Yesus versi Injil Lukas adalah berdasarkan silsilah Yusuf, bukan Maria. Bahwa orang-orang Kristen memberitahu kita silsilah Lukas secara tradisi adalah milik Maria adalah kebohongan yang nyata dipihak agama Kristen. Yang sangat disayangkan adalah bahwa kebohongan Kristen ini sudah tersosialiasi dengan baik, sehingga kita sebagai muslim harus mensosialisasikan kebenaran yang sesungguhnya mengenai pandangan umat Kristen generasi awal dalam hal silsilah Yesus versi Injil Lukas.

    Sekarang kita semua sudah tahu bahwa penjelasan Kristen mengenai silsilah Yesus setelah kita teliti, umat Kristen generasi pertama hanya mengetahui Silsilah Yesus versi Injil Lukas adalah milik Yusuf,dan bukan Maria.


    BalasHapus