Jumat, 21 September 2007

156) Yesus Dilahirkan Zaman Raja Herodes atau Zaman Kaisar Agustus?

156) MATIUS 2:1-8 VS LUKAS 2:1-20.
Dalam Matius TERTULIS, "Yesus dilahirkan pada zaman raja Herodes", TETAPI dalam Lukas, "Yesus dilahirkan pada zaman Kaisar Agustus (sesudah zaman Herodes), yakni ketika diadakan sensus penduduk di Yudea".

JAWAB : (Salah memahami konteks historis)
 
Kedua-duanya benar, Yesus dilahirkan pada zaman Kaisar Romawi yang bernama Agustus memerintah dari 27 sM (sebelum Masehi) sampai 14 SM (Sesudah Masehi). Sedangkan Herodes (Agung) adalah raja atas seluruh tanah Palestina yang memerintah 37 sM sampai 4 sM. Jadi dalam kurun waktu pemerintahan Agustus dan Herodes Agung itulah Yesus lahir kira-kira tahun 4 sM (sebelum Masehi). 

Jadi Yesus lahir pada masa pemerintahan kedua orang itu. Setelah Herodes Agung meninggal, anaknya yang bernama Arkhelaus memerintah atas Yudea dan Samaria, namun ia dipecat dari jabatannya sehingga daerah kekuasaannya dimasukkan langsung ke dalam Kerajaan Romawi (Matius 2:22). Jadi tidak ada kontradiksi karena Kaisar Agustus dan Herodes Agung pernah hidup dalam kurun waktu yang sama. (Baca Kamus Alkitab LAI pada kata "Herodes")

10 komentar:

  1. bagaimana dengan artikel di sini ?

    http://xucinxgaronx.wordpress.com/2011/01/19/lahir-yesus-menurut-injil-matius-dan-injil-lukas/

    BalasHapus
  2. Yang nggak masup logika, Yusuf mengajak maria YANG BUKAN ISTRINYA untuk sensus dari Galilea ke Betlehem (klo lihat peta jaraknya bisa mencapai 100Km-an). Disaat itu Maria hamil tua... anehnya orangtua maria mengizinkan pdhl kondisi maria sangat kesusahan dengan besarnya kandungan...

    Emang sepenting apakah sensus itu? dan kenapa orang2 galilea harus ke Bethlehem hanya untuk sensus? Bukankah galilea pun memiliki pejabat bawahan kaisar?

    Lalu kita lihat, sepinya kondisi kelahiran Maria... seharusnya, seluruh wilayah palestina menuju betlehem untuk sensus.. namun tidak ada diceritakan orang2 banyak disekitar kelhairan Maria. Malah orangtua maria yg seharusnya ikut sensus dan mendampingi anaknya gak ada di lokasi. Bukankah ini aneh?

    Dan kalo saya jabarkan secara lengkap, cerita ini sangat TIDAK LOGIS, penuh kebohongan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha panjang peta nya mas bisa sampe 100km

      Hapus
    2. ini org gK TAU kondisi jaman roma kayak gmana ya? Zaman itu perintah kaisar lebih penting dari leher...klo kamu hidup zaman itu dgn sikap masa bodoh dan pembangkang seperti sekarang yang ada umurnya cuma seluas daun kelor

      Hapus
  3. BATU HAJAR ASWAD DAN BATU RUKUN YAMANI.
    Siapakah sebenarnya batu-batu ini?
    Apakah batu-batu ini adalah alloh?
    Apakah tujuan naik haji hanya untuk mengusap batu-batu ini?
    Apakah batu-batu ini yang disembah waktu sholat?
    sabda Nabi shallallahu alaihi wa sallam, "Sesungguhnya, mengusap Hajar Aswad dan Rukun Yamani dapat menghapuskan dosa-dosa." (HR. Ahmad dari Ibnu Umar, dinyatakan shahih oleh Al-Albany dalam Shahih Al-Jami, no. 2194)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Islam itu artinya tunduk/patuh pada perintah Allah. Batu Hajar Aswad itu dicontohkan oleh Nabi untuk dicium maka hal itu dilakukan oleh umat Islam krn setiap tindakan Rasul langsung perintah dr Allah. Umar bin Khattab pun berkata saat akan mencium batu ini, bahwa ia mencium batu itu semata2 krn dicontohkan oleh Rasul. Haji itu memenuhi panggilan/perintah Allah krn rukun/tatacara haji diperintahkan oleh Allah lewat RAsul-Nya. Melaksanakan haji dan ibadah lainnya merupakan bukti ketundukan manusia thd penciptanya yaitu Allah SWT yang juga telah mewahyukan inti penyembahan ini kepada Rasul sebelum Muhammad seperti Ibrahim/Abraham, Musa, Isa.

      Hapus
  4. YUSUF ITU SUAMI MARIA dicatat dalam silsilah, juga dalam Kitab Injil Matius 1:16,19 (baca yang benar jgn asal ngomong). sensus pada saat itu adalahsensus yang pertama dan merupakan perintah kaisar Romawi dimana setiap penduduk harus kembali pulang kederahnya masing2 untuk mengikuti sensus, sehingga mereka (Yusuf dan Maria) harus pulang ke Betlehem sebab mereka keturunan Daud. dalam hal inilah Firman Tuhan juga digenapi bahwa kelahiran Yesus/ Mesias itu di tanah Betlehem, bukan diNazareth. Alkitab itu bisa diuji kebenarannya melalui sejarah yang terjadi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha bisa diuji? Kasih alamat lo. Kita bahas bible Dari Kejadian sampai Wahyu. Kita uji. Gimana?

      Hapus
  5. GOBLOK KOK KEBANGETAN ?? YUSUF KOK DIBILANG SUAMI MARIA ??? PEKO APA PEKO ???

    BalasHapus
  6. Bor Yusup itu tunangannya Maria. Dan klo masalah harus Dateng yah perintah kerajaan no 1. Kaya kalian aja klo mau bikin KTP k kotanya masing" sensus itu kan sesuai KTP. Dan jaman dulu gak ada KTP bor. Klo kita liat ini beda zaman dulu dan sekarang. Klo jaman sekarang presidennya siapa yah zaman presiden itu. Tp klo dulu raja itu turun menurun dan biasanya beda lokasi beda keputusannya. Nah kalian semua debat tp logika gak bermain. Dan klo masalah cium" batu. Inget allah berfirman jangan ada Allah lain selain Aku. Apapun bentuknya itu TDK BNR. Dan cium mencium batu itu hanya wujud dr kebiasaan adat istiadatnya. Di zamannya. Itu sih pendapat gw. Dan itu bisa juga menjadi salah satu destinasi perjalanan umroh atau pun naik haji. Klo memang itu bisa menghapus dosa harusnya akan menjadi rukun Islam benar gak sih ?

    BalasHapus