Senin, 01 Mei 2006

101) Apakah Perwira Kapernaum datang sendiri kepada Yesus dan meminta-Nya untuk menyembuhkan hambanya atau ia mengirimkan beberapa orang tua-tua Yahudi dan teman-temannya menghadap Yesus?


101) Apakah Perwira Kapernaum datang sendiri kepada Yesus dan meminta-Nya   untuk   menyembuhkan   hambanya   (Matius   8:5)   atau   ia mengirimkan   beberapa   orang   tua-tua  Yahudi   dan   teman-temannya menghadap Yesus? (Lukas 7:3-6) 
JAWAB   :   (Kategori   :   ayat   diartikan   secara   sempit   dan   salah memahami maksud penulis) 
Matius 8:5-10 
8:5 Ketika Yesus masuk ke Kapernaum,  datanglah seorang perwira mendapatkan Dia dan memohon kepada-Nya: 
8:6 "Tuan,  hambaku  terbaring di  rumah karena sakit   lumpuh dan  ia sangat menderita." 
8:7 Yesus berkata kepadanya: "Aku akan datang menyembuhkannya." 
versus  
Lukas 7:1-10 
2867:1 Setelah Yesus selesai berbicara di depan orang banyak, masuklah Ia ke Kapernaum. 
7:2 Di   situ  ada   seorang  perwira  yang mempunyai   seorang hamba, yang sangat  dihargainya.  Hamba  itu sedang sakit  keras dan hampir mati. 
7:3   Ketika   perwira   itu   mendengar   tentang   Yesus,   ia   menyuruh beberapa orang tua-tua Yahudi kepada-Nya untuk meminta, supaya Ia datang dan menyembuhkan hambanya. 
7:4 Mereka datang kepada Yesus dan dengan sangat mereka meminta pertolongan-Nya, katanya: "Ia layak Engkau tolong, 
7:5   sebab   ia  mengasihi   bangsa   kita   dan   dialah   yang  menanggung pembangunan rumah ibadat kami." 
7:6 Lalu Yesus pergi  bersama-sama dengan mereka.  Ketika Ia  tidak jauh   lagi   dari   rumah   perwira   itu,   perwira   itu  menyuruh   sahabat-sahabatnya   untuk   mengatakan   kepada-Nya:   "Tuan,   janganlah bersusah-susah,   sebab   aku   tidak   layak  menerima   Tuan   di   dalam rumahku;  
7:7 sebab  itu aku  juga menganggap diriku  tidak  layak untuk datang kepada-Mu. Tetapi katakan saja sepatah kata, maka hambaku itu akan sembuh. 
7:8 Sebab aku  sendiri   seorang bawahan,  dan di  bawahku ada pula prajurit.   Jika aku berkata kepada  salah  seorang prajurit   itu:  Pergi!, maka   ia pergi,  dan kepada  seorang  lagi:  Datang!,  maka   ia datang, ataupun kepada hambaku: Kerjakanlah ini! maka ia mengerjakannya." 
7:9 Setelah Yesus mendengar  perkataan  itu,   Ia heran akan dia,  dan sambil   berpaling   kepada   orang   banyak   yang   mengikuti   Dia,   Ia berkata: "Aku berkata kepadamu, iman sebesar ini tidak pernah Aku 
jumpai, sekalipun di antara orang Israel!" 
7:10 Dan  setelah orang-orang yang disuruh  itu kembali  ke  rumah, didapatinyalah hamba itu telah sehat kembali. 

Keadaan di atas bukanlah pertentangan, melainkan merupakan kesalahpahaman   terhadap   isi   cerita   dan   maksud   penulis.  Kepala perwira pada awalnya mengirimkan pesan kepada Yesus melalui tua-tua  Yahudi.  Dan  tentu  tidak menutup kemungkinan bahwa  ia  juga datang kepada Yesus setelah terjalin kontak dengan Yesus (dihubungi tua-tua   Yahudi).   Matius   menyebutkan   kepala   perwira   yang menghadap,   karena   memang   dia   yang   punya   urusan   (yang membutuhkan).  Dari  cerita-cerita  lainnya kita  tahu bahwa perbuatan seseorang yang disuruhkan untuk dikerjakan kepada orang lain adalah sebenarnya dilakukan melalui  dirinya.  Contoh paling  jelas kita  lihat dari baptisan yang dilakukan oleh murid-murid Yesus, tetapi Alkitab mengistilahkan bahwa Yesuslah yang membaptis : Yohanes 4:1-2 
4:1 Ketika Tuhan Yesus mengetahui, bahwa orang-orang Farisi telah mendengar, bahwa Ia memperoleh dan membaptis murid lebih banyak dari pada Yohanes 
4:2  --  meskipun Yesus   sendiri   tidak membaptis,  melainkan murid-murid-Nya, --

Tidak ada komentar:

Posting Komentar