Rabu, 13 September 2006

124) Yesus mengajar sesudah atau sebelum Yohanes ditangkap?


124) Yesus mengajar sesudah atau sebelum Yohanes ditangkap?  
a. Sesudah (Markus 1: 14)  
b. Sebelum (Yohanes 6: 17-25)  

JAWAB : (Kategori : salah memahami konteks ayat)  

Sesudah Yohanes ditangkap datanglah Yesus ke Galilea memberitakan Injil Allah (Markus 1:14) 
versus :  
Yohanes 6:17-25  
6:17 dan menyeberang ke Kapernaum. Ketika hari sudah gelap Yesus belum juga datang mendapatkan mereka, 
6:18 sedang laut bergelora karena angin kencang.  
6:19 Sesudah mereka mendayung kira-kira dua tiga mil jauhnya, mereka melihat Yesus berjalan di atas air mendekati perahu itu. Maka ketakutanlah mereka.  
6:20 Tetapi Ia berkata kepada mereka: "Aku ini, jangan takut!"  
6:21 Mereka mau menaikkan Dia ke dalam perahu, dan seketika juga perahu itu sampai ke pantai yang mereka tujui.  
6:22  Pada keesokan harinya orang banyak, yang masih tinggal di seberang, melihat bahwa di situ tidak ada perahu selain dari pada yang satu tadi dan bahwa Yesus tidak turut naik ke perahu itu bersama-sama dengan murid-murid-Nya, dan bahwa murid-murid-Nya saja yang berangkat.  
6:23 Tetapi sementara itu beberapa perahu lain datang dari Tiberias dekat ke tempat mereka makan roti, sesudah Tuhan mengucapkan syukur atasnya.  
6:24 Ketika orang banyak melihat, bahwa Yesus tidak ada di situ dan murid-murid-Nya juga tidak, mereka naik ke perahu-perahu itu lalu berangkat ke Kapernaum untuk mencari Yesus.  
6:25 Ketika orang banyak menemukan Yesus di seberang laut itu, mereka berkata kepada-Nya: "Rabi, bilamana Engkau tiba di sini?"  

Saya tidak mengerti dari hal apa kedua kitab di  atas dipertentangkan dan dianggap  kontradiksi? Mungkin  alamat ayatnya yang salah.... 
Dari Matius 4:12-17 dan Markus 1:14-15 serta Luk 4: 14-15, kita mengetahui bahwa Yesus mulai mengajar atau memberitakan Injil setelah Yohanes Pembaptis di tangkap,  lebih tepatnya setelah Yesus selesai menghadapi pencobaan dari Iblis ketika Ia berpuasa 40 hari 40 malam di padang gurun. Setelah masa persiapan di padang gurun itulah Yesus mulai melakukan pelayanannya yaitu mengajar dan memberitakan Injil Kerajaan Allah. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar