Jumat, 01 September 2006

122) Siapa yang menegur wanita pembawa minyak?


122) Siapa yang menegur wanita pembawa minyak ?  
a. Para rasul (Matius 26: 8 )  
b. Beberapa rasul (Markus 14: 4)  
c. Yudas Iskariot (Yohanes 12: 4-5)  

JAWAB : (Kategori : salah memahami konteks ayat)  

Perlu diketahui bahwa Kisah yang tertulis dalam Matius 26, Markus 14 dan kisah dalam Yohanes pasal 12 adalah kisah yang berbeda, di tempat yang berbeda.  
Namun demikian apakah Matius 26: 8 dan Markus 14: 4 ini pantas dipersoalkan dan dianggap kontradiksi, mari kita kaji ayatnya.  
Matius 26: 8  
Melihat itu murid-murid gusar dan berkata: "Untuk apa pemborosan ini?  
Translit Interlinear, idontes {ketika melihat} de {tetapi} hoi mathêtai {murid-murid} autou {Nya} êganaktêsan {menjadi gusar} legontes {mereka berkata} eis {untuk} ti {apa} hê apôleia {pemborosan} autê {ini}  

Markus 14: 4  
Ada orang yang menjadi gusar dan berkata seorang kepada yang lain: "Untuk apa pemborosan minyak narwastu ini? 
Translit Interlinear, êsan {ada} de {lalu}  tines  {beberapa (orang)} aganaktountes {menjadi gusar} pros {satu-sama lain, kepada} eautous {mereka} kai {dan} legontes {mereka berkata} eis ti {mengapa} hê apôleia {pemborosan} autê {ini} tou murou {minyak wangi} gegonen {terjadi}  

Matius 26:8 menulis "hoi mathêtai" (disciples) plural bandingkan dengan Markus 14:4 yang menulis "tines" (some people) plural. Yang menanggapi apa yang dilakukan perempuan, kedua kitab tersebut menulis bentuk plural/jamak.  Tuduhan itu sendiri menjadi "aneh" karena "para rasul" tidak bisa diartikan "semua rasul". Sedangkan "beberapa rasul" pun jamak, maka tidak ada kontradiksi! 

Sedangkan apa yang ditulis dalam Yohanes 12: 4-5, adalah kisah yang lain, sehingga tidak bisa dianggap kontradiksi dengan Matius 26:8 maupun Markus 14:4. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar