Senin, 26 Juni 2006

109) Apakah Yesus memerintahkan murid-murid-Nya untuk menunggu di Galilea (Matius 28:10) atau Ia akan pergi kepada Bapa dan Allah-Nya (Yohanes 20:17) ?


109) Apakah Yesus memerintahkan murid-murid-Nya untuk menunggu di Galilea (Matius 28:10) atau Ia akan pergi kepada Bapa dan Allah-Nya (Yohanes 20:17) ?  

JAWAB : (Kategori : Salah membaca ayat)  
Matius 28:10  
Maka kata Yesus kepada mereka: "Jangan takut. Pergi dan katakanlah kepada saudara-saudara-Ku, supaya mereka pergi ke Galilea, dan di sanalah mereka akan melihat Aku."  

Yohanes 20:17  
Kata Yesus kepadanya: "Janganlah engkau memegang Aku, sebab Aku belum pergi kepada Bapa, tetapi pergilah kepada saudara-saudara-Ku dan katakanlah kepada mereka, bahwa sekarang Aku akan pergi kepada Bapa-Ku dan Bapamu, kepada Allah-Ku dan Allahmu." 

Kontradiksi semu di  atas mempersoalkan "Apa yang diinstruksikan Yesus kepada murid-muridNya?".  Kedua ayat ini terjadi pada waktu yang berbeda, pada hari yang sama sehingga tidak ada alasan meyakini bahwa Yesus hanya memberikan satu buah perintah kepada murid-murid-Nya.‘  
Satu lagi kelalaian Shabbir Ally dalam membaca ayat dan pasal-pasal Alkitab yang mengabaikan situasi seputar kebangkitan Yesus pada hari Minggu  (karena hari itu adalah hari pertama dalam suatu pekan). Kedua ayat di  atas sebenarnya tidak saling bertentangan melainkan saling melengkapi, karena kedua ayat di  atas tidak menunjuk pada waktu dan kejadian yang sama. Matius 28:10 berbicara mengenai kelompok perempuan yang bertemu dengan Yesus dalam perjalanan mereka pulang untuk menccritakan kepada murid-murid Yesus. Yaitu kubur kosong! Dan pada saat itulah mereka menerima instruksi pertama dari  Yesus untuk diteruskan kepada murid-murid yang lain.  
Sedangkan dalam Yohanes 20:17 terjadi beberapa waktu setelah ayat di  atas (untuk memahami keterangan waktu, perhatikan bacaan dari awal pasal ini) dan terjadi ketika Maria sendiri berdiri di dekat kubur dan di  sanalah Yesus memberikan instruksi lain lagi untuk diteruskan kepada para murid-Nya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar