Senin, 03 Juli 2006

111) Apakah kita perlu menolong orang lain dalam menanggung bebannya (Galatia 6:2) atau kita hanya perlu menanggung beban kita sendiri? (Galatia 6:5)


111) Apakah kita perlu menolong orang lain dalam menanggung bebannya (Galatia 6:2) atau kita hanya perlu menanggung beban kita sendiri? (Galatia 6:5)  

JAWAB : (Kategori: salah membaca ayat)  
Galatia 6:1-6  
6:1 Saudara-saudara, kalaupun seorang kedapatan melakukan suatu pelanggaran, maka kamu yang rohani, harus memimpin orang itu ke  jalan yang benar dalam roh lemah lembut, sambil menjaga dirimu sendiri, supaya kamu juga jangan kena pencobaan.  
6:2 Bertolong-tolonganlah menanggung bebanmu! Demikianlah kamu memenuhi hukum Kristus.  
6:3 Sebab kalau seorang menyangka, bahwa ia berarti, padahal ia sama sekali tidak berarti, ia menipu dirinya sendiri.  
6:4 Baiklah tiap-tiap orang menguji pekerjaannya sendiri; maka ia boleh bermegah melihat keadaannya sendiri dan bukan melihat keadaan orang lain.  
6:5 Sebab tiap-tiap orang akan memikul tanggungannya sendiri.  
6:6 Dan baiklah dia, yang menerima pengajaran dalam Firman, membagi segala sesuatu yang ada padanya dengan orang yang memberikan pengajaran itu.  

Inti pertanyaan di atas adalah : "Siapa yang akan memanggung beban, dan bebannya siapa?".  Menurut  Galatia 6:2 kita harus menanggung beban sesama sedangkan Galatia 6:5 mengatakan kita cukup menanggung beban kita sendiri.  
Sama sekali tidak ada pertentangan disini. Ini bukanlah masalah "ini atau itu" malainkan "ini dan itu". Jika Anda membaca Galatia 6:1-6 dengan benar, maka dapat Anda lihat bahwa orang percaya bukan saja diminta untuk  saling menolong pada saat orang lain membutuhkan pertolongan, mendapat kesulitan dan pencobaan, tetapi juga mereka harus menanggung beban mereka sendiri. Tidak ada yang sulit dan bertentangan dalam hal ini, karena keduanya sama-sama diperintahkan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar