Kamis, 29 Juni 2006

110) Setelah mendengar perintah Yesus, apakah para murid kembali ke Galilea dengan segera (Matius 28:17) ataukah setidaknya setelah 40 hari kemudian? (Lukas 24:33, 49; Kisah 1:3-4)


110) Setelah mendengar perintah Yesus, apakah para murid kembali ke Galilea dengan segera (Matius 28:17) ataukah setidaknya setelah 40 hari kemudian? (Lukas 24:33, 49; Kisah 1:3-4)  

JAWAB : (Kategori : tidak membaca seluruh ayat dan salah mengutip ayat)  
Matius 28:16-20  
28:16 Dan kesebelas murid itu berangkat ke Galilea, ke bukit yang telah ditunjukkan Yesus kepada mereka.  
28:17 Ketika melihat Dia mereka menyembah-Nya, tetapi beberapa orang ragu-ragu.  
28:18 Yesus mendekati mereka dan berkata: "Kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi.  
28:19 Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus,
28:20 dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman."  

Lukas 24:33, 49  
24:33 Lalu bangunlah mereka dan terus kembali ke Yerusalem. Di situ mereka mendapati kesebelas murid itu. Mereka sedang berkumpul bersama-sama dengan teman-teman mereka.  
24:49 Dan Aku akan mengirim kepadamu apa yang dijanjikan Bapa-Ku. Tetapi kamu harus tinggal di dalam kota ini sampai kamu diperlengkapi dengan kekuasaan dari tempat tinggi."  

Kisah 1:3-4 
1:3 Kepada mereka Ia menunjukkan diri-Nya setelah penderitaan-Nya selesai, dan dengan banyak tanda Ia membuktikan, bahwa Ia hidup. Sebab selama empat puluh hari Ia berulang-ulang menampakkan diri dan berbicara kepada mereka tentang Kerajaan Allah.  
1:4 Pada suatu hari ketika Ia makan bersama-sama dengan mereka, Ia melarang mereka meninggalkan Yerusalem, dan menyuruh mereka tinggal di situ menantikan janji Bapa, yang  --  demikian kata-Nya  -- 
"telah kamu dengar dari pada-Ku.  

Pertentangan di  atas mempersoalkan kapan  para murid kembali ke Galilea setelah peristiwa penyaliban. Kelihatannya ada pertentangan dalam  Matius 28:17 yang menyatakan bahwa mereka segera kembali, sedangkan dalam Lukas 24:33,49 dan Kisah 1:4 dikatakan bahwa mereka baru kembali setelah 40 hari. Tetapi sebenarnya kedua asumsi di atas adalah salah.  

Yesus menampakkan diri banyak kali kepada mereka, kadang-kadang Ia menampakkan diri kepada satu orang dan ada saatnya ketika semua murid-murid-Nya sedang berkumpul, bahkan Paulus dan Stefanus juga melihat  penampakkan diri Yesus setelah peristiwa kenaikan Yesus (Baca 1 Korintus 15:5-8 dan Kisah 7:55-56). Yesus menampakkan diri di Galilea dan Yerusalem dan di tempat-tempat lain. Matius 28:16-20 memberikan ringkasan tentang semua penampakan diri Yesus, dan karenanya sangat tidak pada tempatnya 
untuk menekankan urutan kronologis. 

Pertanyaan Shabbir yang kedua (Kembali ke Galilea setelah 40 hari) malahan lebih lemah tanpa dasar dibandingkan pertanyaan sebelumnya yang telah dijawab. Hal ini karena Shabbir tidak mencatat seluruh ayat dalam Kitab Kisah 1:4 secara utuh yang berbunyi: "Pada suatu hari ketika Ia makan bersama-sama dengan mereka, Ia melarang mereka meninggalkan Yerusalem, dan menyuruh mereka tinggal di situ menantikan janji Bapa, (seperti yang telah mereka dengar daripada-Nya)"  

Lukas, penulis kitab Kisah Para Rasul ini, tidak menyebutkan kapan Yesus mengucapkan ini. Tetapi dalam Kitab Lukas, ia menuliskan hal yang sama dengan Matius, dan mengelompokkan semua penampakan Yesus, sehingga kembali pembacaan pada Lukas 24:36-49 tidak memerlukan penekanan kronologisnya. Namun dari kitab Matius dan Yohanes, kita tahu bahwa sedikitnya beberapa dari murid Yesus memang pergi ke Galilea dan bertemu dengan Yesus di sana; peristiwa mana diduga terjadi setelah pertemuan pertama mereka di Yerusalem dan tentu saja sebelum 40 hari pada saat Yesus naik ke Surga. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar