Minggu, 08 Juli 2012

Dimanakah Yesus Saat Berusia 12-30 Tahun?

DIMANAKAH YESUS SAAT BERUSIA 12 – 30 TAHUN?

Periode 18 tahun yang tidak tercatat (The Silent Period)

Penulis: Ps Bobby M.Th


Kontroversi yang berkembang
Ada pandangan-pandangan yang beredar di masyarakat mengenai di manakah Yesus saat ia berusia antara 12 tahun sampai 30 tahun, yaitu periode 18 tahun dalam hidup-Nya yang tidak tercatat di Alkitab. Banyak versi yang berusaha menjelaskan keberadaan Yesus pada masa tersebut. Ada yang menyebutkan bahwa pada masa itu Yesus pergi ke India untuk belajar, sehingga Ia bisa melakukan berbagai mujizat. Ada juga seorang penulis buku yang bernama Andreas Faber Kaiser dengan judul buku “Jesus Died in Kashmir” ia mengatakan bahwa Yesus pergi ke Tibet untuk mempelajari pengertian mengenai ilahi dan mempelajari hukum-hukum budha. Ia juga menulis bahwa Yesus tidak mati dan naik ke Surga, melainkan pergi ke Kashmir untuk menyembuhkan luka-lukanya dan tinggal disana, kemudian menikah, punya anak dan meninggal pada usia lanjut.

Sebagian dari umat Kristiani mungkin merasa kesal dengan tulisan-tulisan tersebut. Namun, suka atau tidak, hal-hal yang demikianlah yang tersebar dan mempengaruhi pandangan masyarakat umum. Sebagai orang percaya, saya berusaha menggali dan menganalisa fakta-fakta di Alkitab dan sejarah budaya Yahudi untuk “meluruskan” persepsi yang keliru dan tidak historis tersebut dengan memberikan jawaban yang Alkitabiah dan sesuai fakta.

Pencatatan usia Yesus
Eksistensi Yesus sebagai manusia pertama kali dicatat ketika malaikat Gabriel datang kepada Maria dan mengatakan bahwa ia akan mengandung dari Roh Kudus (Matius 1:18-20; Lukas 1:26-35). Sebelum berinkarnasi menjadi manusia, Ia adalah Firman Allah yang maha kuasa, Allah itu sendiri (Yohanes 1:1-14). Penampakan pertama atau kelahiran Yesus ke dalam dunia tercatat dengan jelas di Alkitab. Kitab Matius mencatat bahwa Ia dilahirkan di kota Betlehem yang berada di wilayah Yudea, suatu wilayah yang berada dibawah pemerintahan raja Herodes (Matius 2:1). Wilayah Yudea sebagai bagian dari tanah Palestina pada masa tersebut sedang berada dalam penjajahan kerajaan Romawi.

Penampakan kedua dari Yesus, adalah saat ia berusia delapan hari dan dibawa oleh Yusuf dan Maria untuk disunat menurut hukum Taurat. “Dan ketika genap delapan hari dan Ia harus disunatkan, Ia diberi nama Yesus, yaitu nama yang disebut oleh malaikat sebelum Ia dikandung ibu-Nya.” (Lukas 2:21). Dasar dari pelaksanaan sunat itu sendiri berasal dari perintah Tuhan kepada Abraham, bahwa: “Anak yang berumur delapan hari haruslah disunat, yakni setiap laki-laki di antara kamu, turun-temurun: baik yang lahir di rumahmu, maupun yang dibeli dengan uang dari salah seorang asing, tetapi tidak termasuk keturunanmu.” (Kejadian 17:12).

Setelah genap waktu pentahiran, yaitu 40 hari setelah Maria melahirkan Yesus (Imamat 12:1-4) maka menurut hukum Taurat Musa, Yusuf dan Maria membawa Yesus ke Bait Allah di Yerusalem untuk menyerahkan-Nya kepada Allah, seperti ada tertulis dalam hukum Tuhan: “Semua anak laki-laki sulung harus dikuduskan bagi Allah” dan untuk mempersembahkan korban menurut apa yang difirmankan dalam hukum Tuhan, yaitu sepasang burung tekukur atau dua ekor anak burung merpati (Lukas 2:22-24). Penyerahan kepada Allah ini disaksikan oleh Simeon dan Hanna. Kemudian dalam tradisi Kristen, penyerahan seorang anak kepada Allah disebut sebagai “Penyerahan Anak”. Yesus berusia empat puluh hari saat “diserahkan” kepada Allah sesuai dengan hukum Taurat. Alkitab kemudian menulis, “Dan setelah selesai semua yang harus dilakukan menurut hukum Tuhan, kembalilah mereka ke kota kediamannya, yaitu kota Nazaret di Galilea. Anak itu bertambah besar dan menjadi kuat, penuh hikmat, dan kasih karunia Allah ada pada-Nya”. (Lukas 2:39-40).

Penampakan ketiga adalah ketika Yesus berusia 12 tahun. Injil Lukas 2:42 menulis, “Ketika Yesus telah berumur dua belas tahun pergilah mereka ke Yerusalem seperti yang lazim pada hari raya itu.” Dari uraian ayat-ayat di atas, kelihatan bahwa Yesus selama ini, yaitu sejak kelahiran hingga berusia 12 tahun selalu berada bersama orang tuanya di kota Nazareth yang berada di wilayah Galilea.

Penampakan keempat menurut catatan Injil Lukas adalah ketika Yesus berusia 30 tahun (Lukas 3:23). Pada usia inilah ia dibaptis oleh Yohanes pembaptis di sungai Yordan dan memulai pelayanan-Nya yang penuh dengan kuasa dan mujizat. Ia melayani selama kira-kira tiga tahun dan kemudian disalibkan, mati dan bangkit serta naik ke Surga untuk menyediakan tempat bagi orang-orang yang mempercayai-Nya (Yoh 3:16; Yoh 14:1-3).


Dimanakah Yesus
Dari analisa fakta Alkitab dapat dilihat bahwa ada rentang waktu yang cukup panjang yaitu antara usia 12 tahun – 30 tahun, dimana tidak ada penampakan atau aktivitas Yesus yang tercatat. Rentang waktu inilah yang kemudian dijadikan bahan “kontroversi” oleh sejumlah penulis. Akan tetapi apabila seseorang memahami dengan baik mengenai budaya Yahudi, yaitu budaya dimana Yesus lahir dan dibesarkan, maka rentang waktu tersebut bukanlah sesuatu yang aneh dan kontroversi. Mengapa?

Menurut tradisi Yahudi, seseorang dianggap dewasa, matang, cukup umur untuk mengajar adalah saat berusia 30 tahun. Inilah usia dimana seseorang mulai “diakui” sebagai guru (rabbi) oleh lingkungan masyarakat Yahudi. Yesus yang lahir dan besar dalam budaya tersebut mengetahui hal itu dengan pasti. Itulah mengapa, ia mulai muncul dan mengajar ketika berusia 30 tahun. Kitab-kitab Injil yang ditulis dalam budaya Yahudi juga mereflesikan hal yang sama. Para penulisnya tidak mengganggap perlu untuk menulis kisah hidup Yesus sebelum usia 30 tahun maupun keseluruhan aktivitasnya selama tiga tahun mengajar dan melakukan mujizat karena: “Masih banyak hal-hal lain lagi yang diperbuat oleh Yesus, tetapi jikalau semuanya itu harus dituliskan satu per satu, maka agaknya dunia ini tidak dapat memuat semua kitab yang harus ditulis itu”. (Yohanes 21:25).

Jadi para penulis Injil (Matius, Markus, Lukas dan Yohanes) hanya memilih untuk menulis kisah, ajaran maupun segala sesuatu yang berhubungan dengan tujuan utama kedatangan Yesus ke dalam dunia, yaitu untuk menjadi Juru Selamat yang menebus dosa manusia. Bahwa Yesus Kristus adalah Mesias yang dijanjikan Allah, Anak Allah, Raja yang Kekal, Penasehat Ajaib dan hanya dalam nama-Nya saja ada keselamatan atas semua manusia (KPR 4:12).

Berkaitan dengan alasan kemunculannya pada usia 30 tahun telah terjawab. Sekarang, dimanakah Yesus sesudah berusia 12 tahun? Menurut hukum Yahudi, usia seorang anak digolongkan dalam 8 tahapan: yaitu tahap pertama adalah Yeled (usia bayi), kedua Yonek (usia menyusu), ketiga Olel (lebih tua lagi dari menyusu), keempat Gemul (usia disapih), kelima Taph (usia mulai berjalan), keenam Ulem (anak-anak), ketujuh Na’ar(mulai tumbuh remaja) dan kedelapan Bahar (usia remaja).

Dari catatan tentang kehidupan Yesus dalam Injil, kita hanya membaca 3 klasifikasi usia saja yang ditulis, yaitu bayi (yeled), usia menyusu (Yonek), yaitu ketika Ia diserahkan di Bait Allah di hadapan Simeon dan Hanna, dan remaja (bahar) saat berusia 12 tahun ketika diajak Yusuf dan Maria ke Yerusalem.

Mengapa Yesus diceritakan kehadiran-Nya di Bait Allah pada usia 12 tahun? Karena usia dua belas bagi tradisi Yahudi zaman Yesus begitu penting. Menurut legenda Yahudi, pada usia 12 tahun Nabi Musa meninggalkan rumah putri Firaun, Samuel menerima suara yang berisi visi Ilahi, Salomo mulai menerima Hikmat Allah dan Raja Yosia menerima visi reformasi agung di Yerusalem.

Pada usia 12 tahun seorang anak laki-laki Yahudi harus melakukan upacara yang disebut Bar Mitzvah (anak Hukum Taurat). Sementara bagi anak perempuan upacaranya disebut Bat Mitzvah. Upacara ini secara literal menunjukkan bahwa seorang anak remaja mulai bertanggung jawab secara penuh atas segala perbuatannya di hadapan Tuhan. Dalam rangkaian ritual Yahudi itu, Yesus harus melakukan ‘aliyah (naik) dan Bemah (menghadap mimbar untuk menerima kuk hukum Taurat). Upacara ini dilakukan pada hari Sabat, karena itu disebut juga thepilin Shabat. Sejak abad Pertengahan, usia Bar Mitzvah dilakukan pada usia 13 tahun. Menurut literatur Yahudi abad pertengahan, Sepher Gilgulim, semua anak Yahudi sejak usia 12 tahun, mulai menerima ruach (roh hikmat) dan pada usia 20 tahun ditambahkan baginya nishama (reasonable soul, “jiwa akali”).

Mulai usia 20 tahun seseorang harus memasuki sekolah khusus Yahudi (Beyt Midrash). Sedangkan tahapan-tahapan pendidikan Yahudi sebagai berikut: Mikra (membaca Taurat) mulai usia 5 tahun, membaca Mishnamulai usia 10 tahun, mempelajari Talmud pada usia 13 tahun (zaman Yesus 12 tahun), studi Midrash (tafsir ayat-ayat kitab suci) pada usia 20 tahun, dan sejak usia 30 tahun baru boleh mengajar di depan muka umum dan khalayak ramai. Bagaimana dengan Yesus? Sebagai seorang anak, ia menempuh semua proses pendidikan Yahudi tersebut. Ia menempuh pendidikan seperti halnya anak-anak Yahudi lainnya. Diluar waktu sekolah, ia membantu orang tuanya untuk membuat perkakas dari kayu. Alkitab mencatat: “Setibanya di tempat asal-Nya, Yesus mengajar orang-orang di situ di rumah ibadat mereka. Maka takjublah mereka dan berkata: “Dari mana diperoleh-Nya hikmat itu dan kuasa untuk mengadakan mujizat-mujizat itu? Bukankah Ia ini anak tukang kayu? Bukankah ibu-Nya bernama Maria dan saudara-saudara-Nya: Yakobus, Yusuf, Simon dan Yudas? (Matius 13:54-55).

Apalagi Alkitab juga mengisahkan bahwa tampaknya Yusuf meninggal lebih dahulu daripada Maria. Maka sesuai dengan tradisi Yahudi, sebagai anak sulung, secara sosial ekonomi Yesus harus menjadi tulang punggung kehidupan keluarga untuk membantu ibu-Nya, Maria. Hari-hari kehidupan-Nya diisi dengan studi dan membantu ekonomi keluarga-Nya.


Kesimpulan
Dari tahapan-tahapan pendidikan Yahudi pada zaman Yesus, latar belakang agama, budaya dan sosial ekonomi, jelas bahwa kontroversi cerita-cerita mengenai 18 tahun kehidupan Yesus yang tidak tercatat sama sekali tidak mempunyai landasan yang kuat secara historis. Berdasarkan analisa yang sudah dipaparkan, selama 18 tahun tersebut, atau saat berusia antara 12 tahun – 30 tahun, Yesus tinggal bersama keluarganya di Nazareth. Ia menempuh pendidikan seperti layaknya anak-anak Yahudi dan juga membantu orang tuanya sebagai tukang kayu (carpenter).

Mengapa kisah kehidupan-Nya baru dicatat mendetail setelah usia 30 tahun? Karena dalam tradisi Israel (Yahudi), pada usia inilah seseorang “dianggap” matang untuk mengajar dan berkotbah. Dan, pada usia inilahtujuan utama kedatangan Yesus ke dalam dunia menjadi kelihatan nyata melalui pengajaran dan mujizat yang dilakukan-Nya, yaitu untukmenyampaikan kabar baik kepada orang-orang miskin, memberitakan pembebasan kepada orang-orang tawanan, dan penglihatan bagi orang-orang buta, untuk membebaskan orang-orang yang tertindas, untuk memberitakan tahun rahmat Tuhan telah datang, dan menggenapinya dengan kematian-Nya di kayu salib yang menebus dosa dunia (Lukas 4:18-19; Yohanes 3:16; Yohanes 14:16).

Dengan demikian spekulasi mengenai keberadaan Yesus di Tibet, India, baik untuk belajar Budha, Yoga, dsb adalah cerita fiktif yang tidak dapat dibuktikan secara historis.

Referensi:
Alkitab
David H. Stern, Jewish New Testament Commentary (Maryland, USA: Jewish New Testament Publications, Inc. 1995)
Hayyim Halevy Donin, To Be A Jew. A Guide to Jewish Observance in Contemporary Life (Tel Aviv: Basic Book, 1991).

Sumber:
http://psbobby.wordpress.com/2010/05/14/dimanakah-yesus-saat-berusia-12-30-tahun/

Artikel sejenis:

Di manakah Yesus di usia 12-30 tahun?

53 komentar:

  1. Bla bla bla ..... gak rasioneel kalian orang kristen ! Walau yesus orang yahudi, tapi dia secara letterlijk gak pernah bilang bahwa dia anak tuhan atawa dia tuhan itu sendiri ..... jadi menghilangnya yesus sejak pubertas 12 thn, jelas ada kemungkinannya, dia mengembara ke asia tengah dan tibet, makanya disana ditemukan peninggalan2 kuno berupa tulisan2 yang menceritakan kehidupan dia, bahkan dia sempat belajar agama budha dan hindu di india, tapi karena paus di vatikan takut ketahuan titik kelemahan kristen, mereka bungkam agar dogma kristiani tidak berantakan seperti yesus sebagai anak tuhan yang disunat pada umur 8 hari dan menganggap yesus adalah tuhan itu sendiri, walau tidak logis yg katanya yesus mati dikayu salib .... trus kalo tuhan kalian mati, siapa yg ngurusin dunia dan jagad raya alam semesta ini ???? ironis dan tidak logis sekali kalian !

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yesus gapernah bilang dia itu "Son of God" karena gelar itu udah banyak bgt dipake jaman itu, jd Yesus nyebut dirinya sendiri "Son of Man", jadi Yesus itu 100% Tuhan, 100% manusia, gw yakin lu pasti gangerti karena gw juga gangerti wkwkw, karena itu cara Tuhan, cara Tuhan itu diatas kita, pikiran Tuhan itu diatas pikiran kita, beda jauh. Kristus (menurut gw) selama 18 tahun itu belajar & kerja jadi tukang kayu, ikut bapak angkatnya, gamungkin dia pergi jauh" karena dia lahir di keluarga miskin. Paus di Vatika itu antikristus, dia bukan orang Kristen, dia katholik, campuran Kristen sama agama Roma jaman dulu, Paus di katholik itu dianggep Tuhan dalam manusia, bahkan Paus "bisa" (menurut katholik) ngerubah hukum Kudus Tuhan, jadii.. jauhin Paus wkwkwk. Katholik ga fokus nyembah Kristus, mereka nyembah "Perawan" Maria yang sebenernya udah ga perawan karena Kristus punya 4 sodara wkwkwkwk, mereka juga doa ke orang orang mati, bukannya doa ke Kristus. Kristus mati disalib, untuk apa? pernah baca? untuk kita! Kristus mati, numpahin semua darahnya (pas Yesus disalib, dia ditusuk sampe semua darahnya keluar), trus dikubur 3 hari, bangkit lagi, gw ulang, BANGKIT LAGI! trus apa? Kristus naik ke surga! oiya, dan 3 hari itu bukan brarti Tuhan mati, Tuhan itu ada Allah Bapa sama Allah Anak, yang mati itu Allah Anak, Allah Bapa masih ada disurga, dan skrg, ya Allah Anak juga disurga. ga logis? ya pasti lah Kristen ga logis, kalo logis, Kristen itu bukan agama. Kristen ga logis di otak manusia, karena kita ikut Tuhan. Tuhan nyiptain manusia, manusia otaknya jauh lebih rendah dari pikiran Tuhan, trus gimana caranya kita bisa ngertiin Tuhan? dari agama itu. kasih karunia Tuhan Yesus Kristus menyertai kamu! amin.

      Hapus
    2. Klo 12-30 semua Pd jawab nya..coba 13-29 Yesus kemana mas???tolong dongkita dikasih tau..karna yang kita baca cuma usia2 ini klo selamaa usia yg missing itu dy kemana mas..apa yang dia lakukan tahun itu? Di buku religion on file diceritakan lahir sekitar 4m(sebelum masehi) dan mati 29m ,nama Kristen itu sendiri muncul di 42m itu ada Paulus dan Barnabas..,merekalah yangengkukuhkan nama Kristen..sy cuma teksbook y ..bkn Dr sy..,Yesus aja gak ada bilang dy agama nya Kristen ya?sy cuma copas y..Mak nya saya tanya sama kamu bahkan nama Kristen itu sendiri cuma disebut sebanyak 6x kalo saya lihat ya di kisah 11 : 26,kis 26 : 28 , rm 16 : 7 ,korintus 9 : 2 , kor 12 : l2 ,Petr 4 : 16 dan ajaran 13 - 29,

      Hapus
  2. Bla bla bla lagi, soal kelahiran yesus dan hari natal yang merupakan fiksi, kalo umat kristen mau fair, lha 25 dec itu bukan hari kelahiran yesus, yg jelas kelahiran dewa matahari, dan jelas menurut bible yesus lahir dimusim semi dan agak panas, karena tidak diberitakan adanya salju ( snow ), dan mereka tinggal dikandang, lha kalau winter, yah mana mungkin entong ! Tapi tetap saja kalian rayakan kelahiran yesus pada 25 dec, .... ironis lagi atas ketidak benaran info ini, tapi kalian selalu menjawab .... bla bla bla ... yg penting itu hanya sebagai symbol perayaan kelahirannya .... tapi tokh d u s t a ! Hayo gimana !

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya 25 desember kebanyakan orang ngerayain Yesus lahir di tanggal itu, sebenernya gada yang tau tanggal Yesus lahir, karena gada catetannya, dan 25 desember dan banyak tradisi natal itu emang dari agama roma, yang dibawa sama katholik, kalo gw sih ngerayain Yesus lahir setiap hari, Tuhan yang nyiptain alam semesta, turun ke planet kecil jadi manusia, ya gw rayain setiap hari lah wkwkwk, kasih karunia Tuhan Yesus Kristus menyertai kamu! amin.

      Hapus
    2. Y kenapa mendunia hari itu ?bhkan di Vatikan..Paulus yang bermegah2 itu dg bodyguardnya. Tongkat emas..jubah..merayakan nya..justru klo dy yg menciptakan patenkan dong kisah2 nya dan tentang ajaran nya jangan ajaran Paulus aja yang didepankan..Anda tau kan yang merasulkan Paulus itu syapa?nabi??atau Yesus??atau diantara para Rasul itu sendiri? Orang biasa kan.......klo kamu rayain nya setiap hari pohonya jangan disimpan..,Jagan pas Natal aja..he..

      Hapus
  3. islam hanya mampu nyongor dan nyongor semata

    BalasHapus
  4. Mohon ceritakan nabi yang kamu teladani secara lengkap. Bisa ? kami tunggu.

    BalasHapus
  5. Ibarat koki memasak yang dipentingkan adalah hasil akhir masakannya,Tuhan Jesus di Yohanes 2 : 4 mengatakan :"Mau apakah engkau daripadaku ibu? SaatKu belum tiba" Artinya memang selama umur tsb Ia mempersiapkan dirinya.2.Mengenai Ia adalah Tuhan bisa dibaca diYohanes 5:19-47.

    BalasHapus
  6. Pertanyaan dibalas pertanyaan......dimana2 orkria sama saja....

    BalasHapus
  7. Kedatangan hamba Allah
    "" "" "" "" "" "" "" "" "" "
    'Atmak' belum tentu berarti 'yang ku junjung' tapi itu sebenarnya nama

    penulisan Atmak adalah אתמך
    penulisan Ahmad adalah אחמד

    Dalam Yesaya 42:1, Allah berkata
    "Lihatlah, 'Hambaku' (diucapkan sebagai Abd-ee), 'yang Ku junjung' (diucapkan sebagai Atmak);

    Allah menubuatkan tentang kedatangan hamba-Nya
    Lihatlah Hambaku Ahmad (Yesaya 42:1) - dan begitu siapa Ahmad ini? disebut hamba Allah?

    Dia tidak lain adalah
    Abd-Allah Ahmad (Hamba Allah, Ahmad) - Nabi Muhammad saw

    BalasHapus
    Balasan
    1. nubuat jelas tentang Kristus ada puluhan, mungkin ratusan di alkitab, coba cari, kasih karunia Tuhan Yesus Kristus menyertai kamu! amin.

      Hapus
    2. Nubuat untuk Yesus sendiri ya??tpi dy juga bilang penyelamat itu ialah seorang nabi yang jika ia disuruh membaca dy tik bisa membaca???Yesus kan belajar mas???seperti anak2 Yahudi lainya yang mngkitu kbiasaan2 Pd usia2 tentu disana,kenoa dy harus bilang "jika aku tdk pergi maka penyelamat itu tidak akan datang,apakah disini dy main teka teki ma umat nya???klpun dy yg akan datang lagi kenapa dy gak bilang dy orang yang sama?kenpaa harus bilang penolong lain?? Kamipun dy itu juga yang masuk sebagai roh Kudus...bukankah roh Kudus it tidak akan pergi Dr dy .mnyatu yesus itu ilah bapa..putra roh Kudus..kenapa harus ada pembedaan disini,100% manusia,100% Tuhan,saat dy berperan sebagai manusia,syp yg menjadi Tuhan??saat dy menjadi malaikat,syp yg berperan sebagai malaikatnya?apakah malaikatnya pensiun dulu? Kita kan mencari kebenaran mas..dimana usia2 dy menghilang itu jelaskan .dan cari dulu kebenaranya mas..ceritakan ke kami..bukan malah salinge
      Mmbals dg pertnyaan lain..satu2 boar selesai mas..

      Hapus
  8. Begitu berhasratnya menginginkan nubuat utk kedatangan sang nabi, ( yang sebenarnya tidak ada) sehingga mencuri nubuat Yesus. Biarpun tidak cocok, tapi dipaksakan dengan tidak tahu malu, ayat / kata di-plintir2, dipaksakan supaya cocok, meskipun tetap tidak cocok / benar.
    Tidak usahlah berikhtiar membenarkan DUSTA2 sang nabi, ibarat menegakkan benang basah. Kalau anda bisa berpikir kritis dan jujur, dengan mudah nampak semua kepalsuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kami tidak mencuri,ciri2 penyelamat itu sendiri jikady disuruh membaca dy tdk bisa mmbca..Yesus loh yg blng itu..trus kl itu Yesus juga yang mnubustkn dri nya kenpa Haris bilng tdk bs mmbca. Yesus kn bljr sm ky ank2 Yahudi seumur dy. ..,

      Hapus
  9. Beginilah : CARA MEMBEDAKAN antara ALLAH/ Nabi yang BENAR/ TULEN dengan yang PALSU, supaya kita gak usah cape2 berdebat,padahal kitab suci yang diimani masing2 berbeda, tidak akan ketemulah. Inilah ciri2 nya :
    1.Lihat saja: apakah ada NUBUAT kedatangan nabi itu dari nabi2 sebelumnya? (tapi tidak boleh mencuri nubuat nabi lain, seperti yang telah dilakukan)
    2.Apakah Nabi itu sanggup membuat mujizat dan disaksikan orang banyak, dan tertulis dalam kitabnya? yaitu: menyembuhkan orang sakit atau kerasukan setan, membangkitkan orang mati, bahkan sanggup BANGKIT dari kematiannya? Dpl menguasai hidup mati diriNya sendiri atau tidak?
    3.Bagaimana perilaku nabi: apakah baik hati, SUCI KUDUS, ataukah jahat/ suka membunuh/ memfitnah dan menuduh dan CABUL,doyan kawin?
    4.Apakah ajaranNya MENGASIHI sesama manusia, bahkan musuh atau MEMBUNUHI semua orang yang tidak seiman?
    5.Apakah mengajarkan: Mendoakan/ memberkati musuhmu atau membalas kejahatan dengan kejahatan
    6.Apakah sanggup MENYELAMATKAN umatNya,dengan MENGORBANKAN diriNya, sehingga tidak perlu didoakan umatNya ATAU minta umatnya BERKORBAN NYAWA SIA2 ( bom bunuh diri ) dan MINTA DIDOAKAN umatnya setiap hari supaya selamat? Dpl. UmatNya TERJAMIN SELAMAT masuk surga atau PASTI mendatangi/ masuk neraka sesuai Qs 19:71?
    7.Surga yang dijanjikanNya itu, SUCI KUDUS atau KOTOR penuh NAFSU SEX dan PERCABULAN?
    8.BENIH kelahiranNya, apakah dari Rohul Qudus atau dari air mani (manusia) ayahnya ? Dpl berasal dari SURGA dan sudah kembali kesurga atau dari debu tanah dan sudah kembali menjadi debu tanah?
    9.Siapa yang memberi kesaksian tentang diri Nya : Dari Surga dan nabi2 lain sebelumNya (dan sesudah Nya), atau dirinya sendiri ?
    10.Apakah kitab sucinya DIAKUI/ dibenarkan oleh kitab suci agama lain atau tidak ?
    11.Apakah isi kisah2 dalam kitab sucinya tersusun rapi atau kacau/ lompat2 tidak teratur dan banyak pertentangan/ kejanggalan / kesalahan didalamnya?
    12.Apakah nabi nya sanggup membunuh Dajjal hanya dengan hembusan nafasNya atau tidak mampu?
    13.Apakah mengajarkan: kebebasan beragama, tidak menghalangi orang beragama lain beribadah (seperti di Inggeris, USA,Eropa,Australia) atau menghalangi, bahkan merusak rumah ibadah agama tertentu lain ?
    14.Bagaimana keadaannya ketika didatangi malaikat: merasa senang/ damai, seperti Maria ( bunda Yesus) dan Maria Magdalena atau: gemetar, menggigil ketakutan, lari pulang, diselimuti istri ? Bersikap jujurlah demi kepastian selamat masuk surga, jangan menipu diri sendiri/ keluarga anda.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Paulus benar2 Rasul y?stpa yg mengangkat kerasulan nya?? Minta penjelasan ya..apakah Yesus yg mengangkatnya..apakah para Rasul itu sndiri??

      Hapus
  10. Inilah ciri2 penipu / penyesat yang telah diberitahukan oleh Rasul Yohanes dan Petrus.
    2 Petr 2:1b ....Mereka akan memasukkan pengajaran2 sesat yang membinasakan, bahkan mereka akan menyangkal Penguasa yang telah menebus mereka dan dengan jalan demikian segera mendatangkan kebinasaan atas diri mereka. 2b)...dan karena mereka, Jalan Kebenaran akan dihujat, .... baca sampai ayat 3
    I Yoh.2:22 Siapakah pendusta itu? Bukankah dia yang menyangkal bahwa Yesus adalah Kristus? Dia itu adalah anti Kristus ( Dajjal ), yaitu dia yang menyangkal, baik (Allah) Bapa maupun Anak. 23) Sebab barangsiapa menyangkal Anak, ia juga tidak memiliki Bapa. Barangsiapa mengaku Anak, ia juga memiliki Bapa
    I Yoh.4:2 Demikianlah kita mengenal Roh Allah: setiap roh yang mengaku, bahwa Yesus Kristus telah datang sebagai manusia, berasal dari Allah, 3) dan setiap roh, yang tidak mengaku Yesus, tidak berasal dari Allah. Roh itu adalah roh anti Kristus ( Dajjal).....
    2Yoh.1:7 Sebab banyak penyesat telah muncul dan pergi keseluruh dunia, yang tidak mengaku, bahwa Yesus Kristus telah datang sebagai manusia ( artinya Dia, sebenarnya bukan manusia, tetapi Allah). itu adalah si penyesat dan anti Kristus ( Dajjal) 8) Waspadalah.....dst
    Gal.1:6... suatu Injil lain, yang sebenarnya bukanlah Injil. Hanya ada orang yang mengacaukan kamu dan yang bermaksud untuk memutar balikkan Injil Kristus.....9)....jikalau ada orang yang memberitakan kepadamu suatu Injil, yang berbeda dengan apa yang telah kamu terima, terkutuklah dia......11)....Injil yang kuberitakan itu bukanlah Injil manusia. 12) Karena aku bukan menerimanya dari manusia dan bukan manusia yang mengajarkannya kepadaku, tetapi aku menerimanya oleh pernyataan Yesus Kristus
    I Kor.1:18 Sebab pemberitaan tentang salib memang adalah KEBODOHAN bagi mereka yang akan BINASA, tetapi bagi kita yang diselamatkan, pemberitaan itu adalah Kekuatan Allah".
    Selain itu juga ada ciri2 lain :
    Ia ( iblis) sering MENGHASUT manusia (yang jahat dan bodoh) untuk melakukan penghancuran dan pembunuhan kepada mereka yang tidak sepaham, terutama Yahudi dan Kristen ( Barat). Setelah itu ia menyebarkan FITNAH / Memplintir / MEMUTARBALIKKAN KEBENARAN bahwa dalang semua itu adalah Yahudi dan Kristen ( Tanpa dasar, dengan tidak tahu malunya, sebab sangat tidak masuk akal waras)
    Ditambah lagi dengan PROPAGANDA (DUSTAnya) bahwa agamanya adalah pembawa damai dibumi.
    Mengapa ia membenci Yahudi dan Kristen ? Sebabnya adalah : ia tahu bahwa mereka adalah orang2 yang dikasihi Allah, sehingga ia merasa iri hati. Contoh : Pengeboman WTC di USA, Bom Bali 1 dan 2 dll.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wtc..???hai sodara...75 ilmuan Eropa yg notabene semua orang Nasrani..tidak percaya klo itu perbuatan yang kamu tuduhkan..bhkan gedung putih yg dicurigai..bhkan perancang wtc sndiri menjamin gedung itu tidak akan hncur hnya dengan kejadian itu..,logic ya.. klo pewat saja bisa hancur terbakar sama kursi2 nya kenapa paspor g?kenapa pesawat2 atau gedung2 gak dibuat Dr bahan paspor itu saja yg gak bisa kebakar???fitnah itu selalu ditujukan Pd islam..,,apkah peristiwa Poso gak kamu baca??

      Hapus
  11. Imanilah nabi terbesar/yang benar2 berasal dari Allah dengan ciri2 sbb :
    1.Telah dinubuatkan kedatangan Nya oleh nabi2 sebelumnya, dengan ciri2 spesifik sehingga tidak mungkin di salah tafsirkan sbg nabi lain, yaitu:
    a. Dari keturunan Abraham-Ishak-Yakub-Yehuda-Musa-Daud
    b. Lahir di Bethlehem dan dari seorang perawan
    c. Seperti Musa, sama2 mengalami adanya pembunuhan bayi2 pada saat itu,dan hanya mereka berdua yang selamat
    2.Telah dinubuatkan kematian dan Kebangkitan Nya, Ia sendiri berkata sebelum kematianNya, bahwa Ia akan mengambil kembali nyawaNya dalam tiga hari. Berarti Ia sanggup mengendalikan hidup mati Nya sendiri.
    3.Ia berasal dari surga dan telah kembali ke surga, tapi semua nabi lain berasal dari debu, telah kembali menjadi debu.
    4.Ia tidak perlu didoakan umat Nya supaya selamat, sebab Ia justru Juruselamat umatNya.
    Manusia tidak perlu mati bagi Dia( Jihad), sebaliknya Dia mati sebagai ganti umat Nya, seperti nubuatan : Domba mati menggantikan Ishak. Domba melambangkan Dia, dan Ishak melambangkan umat yg ditebus.
    5.Dalam Yoh 13:13 Ia berkata:....katamu tepat,"sebab memang Akulah Guru dan Tuhan"
    6.Dalam Wahyu 1:8 Ia berkata:"Aku adalah Alfa dan Omega,firman Tuhan Allah......Yang Maha Kuasa" Juga di ayat 17-18 :...".Aku adalah Yang Awal dan Yang Akhir dan Yang Hidup....."Bandingkan dengan QS.57:1-3 "Allah, Dialah Yang Awal dan Yang Akhir, Yang Zhahir ( Yang nyata) dan Yang Bathin( yang tidak dapat digambarkan hikmat zat Nya oleh akal) dan Dia Maha Mengetahui segala sesuatu. Jadi simpulkanlah sendiri , betapa Tinggi dan Besar Nya serta istimewaNya Nabi ini.
    7. Ia betul2 suci, tidak ada kecabulan sedikitpun ( QS.19:19) ,padahal tidak ada seorangpun nabi lain yang suci.
    8.Sanggup melakukan mujizat2 sebagai Tanda Bukti dari Allah, disaksikan orang banyak, tertulis dalam kitab sucinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Akulah guru dan akulah tuan mba..bukan Tuhan...cari di Injil tahun 30 an mba..psti mba tau pnmbahan nya dikata tuan menjadi TUHAN..,mba...Yesus kn bilng slh 1 nya juga tidak dapat membaca kan mba?apakah Yesus g bs baca mba??? Hilangkan dulu ngotot nya kalo nubuat itu untuk Muhammad atau untuk Yesus..,yang itu dulu coba..ciri2 it disebutkan oleh Yesus sendiri..dan dy mngtakan ada penolong lain,mba Yesus..bapa..roh Kudus itu kan mnyatu mba..ga akan terpisahkan mba?kenapa ada kata penolong lain????apkah mereka berbeda??? Apkah mereka 1?

      Hapus
  12. MENGAPA ANAK2 ALLAH PASTI MASUK SURGA
    1.Sebagaimana Raja akan memberi anak2nya pengawal pribadi, demikian juga ALLAH akan memberi anak2 Nya Malaikat Pengawal/ Pelindung, yang akan menjaga dari segala kejahatan dan godaan setan, dan pada hari kematian, Malaikat Pengawal akan membawanya terbang kesorga.
    2.Sebagaimana anak2 Raja pasti dan berhak tinggal di istana Raja, bapanya, demikian juga anak2 Allah berhak dan pasti masuk/ tinggal di sorga, dirumah Bapa Sorgawi.
    SEBALIKNYA, mereka yang MENOLAK menjadi anak Allah, segera disambar dan dicaplok iblis, dijadikan anak2 nya, mau atau tidak mau, dipaksa, sebab tidak punya malaikat Pengawal / Pelindung, sehingga tidak mampu melawan. Dan pada hari kematiannya, pasti mengikuti sang bapa keneraka, sesuai Qs.19 :71

    SIAPAKAH ANAK2 ALLAH ?
    1.Mereka yang percaya dan menerima Firman Allah = Allah ( Yoh 1: 1 -18 ) yang telah menjadi manusia, yaitu YESUS
    2.Semua orang yang hidupnya dipimpin oleh Roh Allah = Roh Kudus ( Rom.8:12- 17 )
    3.Mereka yang hidupnya membawa Damai ( Mat.5:9 )
    4.Mereka yang sanggup mengasihi orang yang membencinya dan juga sanggup berdoa bagi mereka yang menganiayanya (Mat.5: 44-48 )
    5.Mereka yang beriman kepada Yesus Kristus dan telah dibaptis dalam Kristus ( Gal.3: 26-27 dan Gal.4 : 4-7 )
    6.Mereka yang (telah) lahir ( baru) dari Allah, memiliki benih ilahi dalam dirinya ( I Yoh 3 : 9 )
    7.Mereka yang percaya, bahwa Yesus adalah Kristus = Mesias= Almasih ( Yang Diurapi menjadi Raja dan Tuan diatas segala raja dan tuan, dpl. Juruselamat manusia ) dan yang mengalahkan “dunia” ( maksudnya: roh2 jahat / iblis didunia) menurut I Yoh 5 : 1-5
    8.Mereka yang telah memenuhi syarat2 / kondisi diatas ( no. 1-7 ) sehingga disebut : Pemenang dan yang telah masuk dalam Surga ( wah. 21 : 1 -7 )

    PENGAKUAN QURAN TENTANG SEMUA NABI DARI ORANG YAHUDI
    QS.29: 27 “Kami anugerahkan kepada Ibrahim, Ishak dan Yakub ( artinya bangsa Yahudi= Israel) dan Kami jadikan KENABIAN dan ALKITAB pada KETURUNANNYA,……dan sesungguhnya mereka di akhirat, benar2 termasuk orang2 yang saleh. Jadi TIDAK ada nabi dari bangsa lain

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika kamu menugaskan teman mu untuk menyampaikan pesan mu tentunya kamu sudah memilih orang itu..,kamu percaya ,saat dy tidak mampu haruskah kamu terus mengandalkan nya???pasti kamu cari orang lain kan?? Kenapa Bani Israel menolak Muhammad???krna rasullah bukan berasal Dr ras mereka bani Israil..kekecewaan ygmmbuat mereka sesat sndiri.

      Hapus
  13. MENGAPA YESUS PERLU MENJADI MANUSIA

    Rom.8 :1-17….ALLAH telah mengutus AnakNya dalam DAGING, yang serupa dengan daging yang dikuasai dosa, supaya tuntutan hukum Taurat digenapi dalam DAGINGNYA, supaya kita ( ORANG2 YANG PERCAYA KEPADANYA) dibebaskan dari kutuk hukum Taurat, sebab hukuman tsb sudah ditimpakan kepada Nya……….

    Gal. 4 : 1- 11 …..ALLAH mengutus AnakNya, melalui seorang perempuan ( manusia) yang takluk kepada hukum Taurat, supaya Ia MENEBUS mereka ( manusia berdosa) yang takluk kepada hukum Taurat , dan menjadikan mereka anak2 Nya……..

    Ibr.2:14 Karena anak2 (manusia) itu adalah anak2 dari darah dan daging, maka Ia ( YESUS ) juga menjadi sama dengan mereka dan mendapat bagian dalam keadaan mereka ( manusia), supaya oleh KEMATIAN-NYA, IA MEMUSNAHKAN dia, yaitu iblis, yang berkuasa atas MAUT

    Fil.2:5-8 Kristus Yesus yang walaupun dalam rupa ALLAH, tidak menganggap kesetaraan itu sebagai milik yang harus dipertahankan,melainkan telah MENGOSONGKAN DIRINYA sendiri, dan MENGAMBIL RUPA seorang hamba dan menjadi manusia. Ia telah merendahkan diriNya dan TAAT sampai MATI dikayu salib. ( Jadi SALIB adalah BUKTI KASIH ALLAH kepada manusia )

    KAPAN YESUS MENJADI TUHAN ATAU ALLAH ?
    Jawabnya : SEBELUM Dia turun kedunia ( menjadi manusia ) dan SESUDAH DIA BANGKIT dari kematian.
    Jadi Dia menjadi manusia biasa HANYA 30 tahun, dan sebagai Nabi 3,5 tahun, jumlah = 33,5 tahun.
    Selama itu, Ia betul2 menjadi manusia 100%, tidak bersandiwara ( sebagaimana Fil 2 :5-8 ). Oleh sebab itu Ia sering berkata :” Bapa mengutus Aku,” bisa merasa lapar, sakit, takut, mati,dsb tapi tidak pernah berdosa. Bahkan pada saat terakhir menjelang kematian Nya, Ia berseru : “ Eli, Eli lama sabakhtani, yang artinya : AllahKu,AllahKu, mengapa Engkau meninggalkan Aku. KemanusiaanNya lah yang menyebabkan Ia berseru seperti itu, dan bila Roh Allah tidak meninggalkan Dia, mana bisa Dia mati ? Padahal tujuanNya turun kedunia adalah untuk MATI DISALIB, MENEBUS DOSA manusia

    BalasHapus
  14. SIAPAKAH YANG MASUK NERAKA ?
    Menurut Yoh 3 :18 dan 36 ; Yoh8:24 dan Kis 4:12 adalah mereka yang tidak percaya / menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat
    Menurut Wah 20: 15 dan Wah 21: 27 mereka yang namanya TIDAK TERTULIS didalam KITAB KEHIDUPAN “Anak Domba” ( maksudnya Tuhan Yesus)
    Itulah sebabnya kenapa orang Yahudi (tidak semua) yang kebanyakan tidak percaya dan menerima Yesus ,dikutuk dalam Mat.23 .
    Jangan lupa bahwa kutukan masuk neraka itu berlaku untuk SEMUA ORANG YANG MENOLAK DIA ,, yang namanya tidak tertulis dalam Kitab Kehidupan Anak Domba
    Arti nama Yesus, adalah : Yang menyelamatkan umatNya dari dosa mereka ( Mat.1: 21 )
    Yoh 14 :6 Yesus berkata : ” Akulah JALAN dan KEBENARAN dan HIDUP. Tidak ada seorangpun dapat datang kepada (ALLAH ) BAPA, kecuali melalui Aku”
    Yoh 11:25 Jawab Yesus : ” Akulah KEBANGKITAN dan HIDUP; barangsiapa percaya kepada Ku, ia akan hidup walaupun ia sudah mati ”
    Alkitab ini diakui dan dibenarkan oleh Quran ( sebaliknya tidak). Jadi anda harus mempercayainya, sebab bila tidak , anda tidak dianggap sebagai orang beragama (QS 5: 68 )

    BalasHapus
  15. PENJAHAT DAN PELACUR MASUK SURGA TETAPI ORANG “BAIK” MASUK NERAKA
    Koq bisa begitu ya ? Penjelasannya begini :
    Penjahat dan pelacur yang bisa masuk surga itu adalah HANYA mereka yang karena MERASA DIRI ORANG BERDOSA, sehingga BERTOBAT dan MENERIMA YESUS sebagai TUHAN dan JURUSELAMAT dan akhirnya selamatlah mereka. Bukan / tidak berlaku untuk semua penjahat dan pelacur. Jangan naïf.
    Sedangkan “orang baik” yang masuk neraka, juga bukan semuanya, tetapi hanya mereka yang karena MERASA BAIK, sehingga merasa TIDAK MEMERLUKAN YESUS JURUSELAMAT, menolak DIA. Merekalah yang masuk neraka.( Yoh 3 : 18 dan 36 ; Wah.20 : 15 dan Wah.21 : 27 )
    Sesungguhnya YESUS tidak ingin memasukkan orang2 yang tidak percaya kepada-Nya ke neraka. Tetapi orang2 itu lah yang berdosa (kotor) sehingga tidak memungkinkan diri mereka masuk kesurga yang (bersih ) KUDUS, jadi salah mereka sendiri.
    YESUS ingin menyucikan mereka, tetapi mereka tidak mau, salah siapa ?
    YESUS ingin menjadikan mereka anak2-Nya,supaya bisa membawa mereka terbang kesurga,saat kematian mereka, tapi mereka tidak mau, salah siapa?
    YESUS ingin membebaskan mereka dari ikatan kuasa iblis, yaitu MAUT ( KEMATIAN) dengan KUASA : DARAHNYA (dalam Kematian dan KebangkitanNya), tetapi mereka menyangkal Kematian dan KebangkitanNya, salah siapa? ( Bacalah Rom 8: 1-2 , Yoh 11: 25-26 dan tulisan saya ttg : Kematian Yesus yang membebaskan manusia dari keterikatan kuasa iblis atas Maut )
    Yesus sangat mengasihi semua ciptaanNya dan ingin menyelamatkan mereka, tetapi mereka tidak mau, salah siapa? Tetapi mereka lebih percaya kepada DUSTA iblis ( sama seperti Adam Hawa, lebih percaya kepada ular, jelmaan iblis ) daripada kepada KEBENARAN ALLAH didalam KRISTUS YESUS, salah siapa ?

    PERBUATAN BAIK dan AMAL IBADAH adalah suatu KEHARUSAN, tetapi TIDAK MENJAMIN KESELAMATAN MASUK SURGA
    Kenapa? Sebab manusia ada dibawah kekuasaan iblis atas Maut dan DOSA; telah kehilangan : Kekekalan, Kemuliaan Allah, dan diusir keluar dari Taman Firdaus.
    HANYA oleh KEMATIAN KRISTUS lah manusia yang percaya kepada-Nya DITEBUS dari DOSA dan DIBEBASKAN dari KETERIKATAN Kuasa iblis atas Dosa dan Maut. Oleh sebab itu janganlah turuti HASUTAN iblis untuk MENYANGKAL hal itu, karena iblis tidak mau manusia selamat. Ingat QS.19: 21, bahwa Yesus sudah DITENTUKAN Allah menjadi TANDA bagi manusia dan RAHMAT dari Allah.
    Iblis selalu menyesatkan / memutarbalikkan Kebenaran2 Allah. Belajarlah ( menjadi peka ) mengenali penyesatan 2 itu. Hanya oleh bimbingan Roh Kudus, manusia menjadi peka, dapat mengenali penyesatan itu.
    Orang Kristen pun yang tidak “TINGGAL” didalam Kristus bisa disesatkan ! Buktinya : Banyak yang murtad, meninggalkan Yesus ( karena mau kawin atau karena penyesatan iblis, sehingga menjadi bodoh ) , sayapun dulu begitu, jadi saya sudah berpengalaman kejeblos. Agama apapun tidak menjamin Keselamatan, Yesus turun kedunia tidak membawa agama, tetapi membawa Keselamatan.
    Yang MENOLAK menjadi anak2 Allah, pasti segera dicaplok oleh iblis, dijadikan anak2 nya, mau tidak mau, tidak kuat menolak, dan pada hari kematian pasti memasuki neraka mengikuti sang bapa (QS 19:71 )
    Tetapi anak2 Allah, berhak masuk kerumah ALLAH, Bapa Surgawi, dan diberi malaikat Pengawal/ Pelindung , sehingga pada hari kematian akan dibawa malaikat terbang kesurga

    BalasHapus
  16. ALLAH yang manakah yang MENCIPTAKAN Alam Semesta :
    Yoh.1:1-3 Pada mulanya adalah Firman ( Kalimatulloh) ; Firman itu ber-sama2 dengan ALLAH dan Firman itu adalah ALLAH. Ia pada mulanya ber-sama2 dengan ALLAH. Segala sesuatu DIJADIKAN oleh DIA dan tanpa DIA tidak ada suatupun yang telah jadi dari segala yang telah dijadikan.

    Yoh 1:10-14. IA TELAH ADA didalam dunia dan dunia DIJADIKAN olehNya, tetapi dunia tidak mengenalNya. Ia datang kepada milik kepunyaanNya, tetapi orang2 kepunyaanNya itu tidak menerimaNya. Tetapi semua orang yang menerimaNya, diberiNya Kuasa supaya menjadi anak2 ALLAH, ……yang diperanakkan bukan oleh darah atau dari daging, bukan pula secara jasmani oleh keinginan seorang laki2, melainkan dari ALLAH
    FIRMAN itu telah menjadi MANUSIA, ……
    .
    Juga di kitab Ibr.1:2-3....Oleh Dia(YESUS), ALLAH telah MENJADIKAN Alam Semesta. Ia adalah Cahaya Kemuliaan Allah dan Gambar Wujud ALLAH dan yang menopang segala yang ada dengan firmanNya yang penuh kekuasaan.

    Kol.1:15-16 “Ia (YESUS) adalah Gambar ALLAH yang tidak kelihatan, yang sulung, lebih utama dari segala yang diciptakan, karena didalam Dialah telah DICIPTAKAN segala sesuatu, yang ada di sorga dan yang ada dibumi, yang kelihatan dan yang tidak kelihatan.....; segala sesuatu DICIPTAKAN oleh Dia dan untuk Dia...17) IA ADA terlebih dahulu dari segala sesuatu dan segala sesuatu ada didalam DIA.....19) Karena seluruh kepenuhan ALLAH berkenan diam ( tinggal) didalam DIA


    DUSTA MAHKAMAH AGAMA ( Mat.28 : 11-15 )
    Imam2 Yahudi yang menyalibkan Yesus terkejut, ketika mendengar bahwa Yesus telah BANGKIT dari kematian.
    Oleh sebab itu mereka MENYUAP serdadu2 yang menjaga kubur Yesus,supaya BERDUSTA dengan mengatakan, bahwa murid2-Nya telah mencuri jenazah-Nya pada malam hari. Cerita inilah yang tersiar
    diantara orang Yahudi sampai sekarang.
    Meskipun cerita dusta ini menyangkal kebangkitan Yesus, tetapi TIDAK menyangkal kematianNya., malahan mengakuinya, BUKAN Yudas yang mati menggantikan Yesus . Itu adalah DUSTA dalam kitab suci palsu / tiruan Alkitab yang memutarbaikkan Kebenaran2.
    Kebenarannya adalah: KEMATIAN YESUS MENEBUS semua orang yang percaya kepada Nya

    BalasHapus
  17. RAHASIA-2 ALLAH
    Kol.2 : 2b-3 ....dan mengenal rahasia Allah, yaitu KRISTUS, sebab didalam DIA lah tersembunyi segala harta HIKMAT dan pengetahuan
    I Kor 15 : 51-54 Sesungguhnya aku menyatakan kepadamu suatu rahasia: kita (yg masih hidup pd saat kedtgn Yesus ke2x) tidak akan mati semuanya, tetapi kita semuanya akan diubah, dalam sekejap mata, pada waktu bunyi nafiri /sangkakala yang terakhir. Sebab nafiri akan berbunyi dan orang2 (yg mati dlm Kristus) akan dibangkitkan ( terlebih dahulu, yg bukan anak2 Allah belum/tidak dibangkitkan) dalam keadaan yang tidak dapat binasa ( kekal/abadi) dan kita semua akan diubah ( menjadi manusia abadi/ seperti malaikat). Karena yang dapat binasa ini (tubuh fana) harus mengenakan yang tidak dapat binasa ( tubuh abadi), dan yang dapat mati ini ( yg fana) harus mengenakan yang tidak dapat mati( yg abadi).
    I Kor 2: 7-8…. Tetapi yang kami beritakan ialah HIKMAT ALLAH yang tersembunyi dan rahasia, yang sebelum dunia dijadikan, telah disediakan ALLAH bagi Kemuliaan kita. Tidak ada dari penguasa dunia ini ( iblis) yang mengenalnya, sebab kalau sekiranya mereka mengenalnya, mereka tidak akan menyalibkan Tuhan yang Mulia.
    Ef.1 : 7 Sebab didalam Dia ( Yesus ) dan oleh DarahNya kita beroleh Penebusan, yaitu Pengampunan Dosa, menurut Kekayaan Kasih KaruniaNya, yang dilimpahkan-Nya kepada kita dalam segala hikmat dan pengertian


    PEMALSUAN ALKITAB
    Awloh telah terlanjur memerintahkan sang nabi untuk MENEGAKKAN ajaran2 Alkitab, sebagaimana tertulis dalam QS 10:94 ; QS.5: 46, 68 ; QS.32:23. Dia menyesal,tetapi dia tidak kekurangan akal busuk, disebarkannyalah DUSTA, bahwa Alkitab sudah dipalsukan. Dengan demikian nampaklah kebodohannya; kenapa dia memerintahkan nabinya untuk menegakkan suatu kitab yang sudah dipalsukan ? Aneh, apakah ini bukan suatu kebodohan ? Lagipula, saat itu Alkitab sudah tersebar ke-mana2, sampai ke Turki, Arab dll, sehingga TIDAK MUNGKIN dipalsukan, sebab harus ada kekompakan dari semua orang Kristen dan apakah mereka semua setuju? Pasti ketahuan dong : ayat2 mana yang dipalsukan?, diubah jadi apa?, apa alasan perubahan?,kapan ada konperensi orang Kristen yang mengubah? dsb. Jadi TIDAK MUNGKINLAH. Satu2nya kemungkinan adalah iblis, sipenipu/penyesat/ pendusta itulah yang memalsukan Alkitab , dengan membuat satu kitab palsu/ tiruan, lalu dengan nekad dan tidak tahu malunya, mengklaim bahwa kitab palsunya sebagai yang asli, dan memfitnah/ menuduh Alkitab yang Asli sudah dipalsukan, padahal dialah Pemalsu yang memalsukan Alkitab. Ibarat : maling teriak maling. Tentunya, dalam melaksanakan ini, ia memakai manusia ( yang busuk/ jahat/ yang sama dgn iblis tidak tahu malu, pendusta, dan yang mau diperalat iblis )

    BalasHapus
  18. KEMATIAN YESUS MEMBEBASKAN KITA DARI IBLIS YANG BERKUASA ATAS MAUT ( Ibr 2 : 14-18 dan Rom 8 : 1- 17 )
    Pada awal mulanya Adam & Hawa hidup dalam KEKEKALAN di Taman Firdaus. Tapi setelah mereka tertipu oleh dusta iblis, dan menuruti kata2 iblis, melanggar larangan TUHAN ALLAH dengan memakan buah terlarang, maka sejak saat itu mereka jatuh kedalam dosa, kehilangan : KEKEKALAN dan KEMULIAAN ALLAH, ( DITELAN oleh MAUT) sehingga telanjang, dan mulai mengalami proses penuaan, ibarat laptop yang telah dilepas dari electric power supply nya ( kehilangan supply energi KEHIDUPAN ALLAH). Selain itu mereka diusir dari Taman Firdaus. Inilah bukti bahwa dosa warisan Adam itu nyata adanya, sebab kita tidak berada lagi di Taman Firdaus. Sejak saat itu MAUT /KEMATIAN menguasai manusia, dimana iblis adalah penguasanya, dan manusia menjadi hamba2/anak2 iblis , sehingga PASTI akan mengikuti iblis, sang bapa ke “istananya”: Neraka ( QS.19:71 ). Tetapi ALLAH telah merencanakan Penebusan dosa manusia ini dan TELAH MELAKSANAKANNYA, melalui KRISTUS.
    Yes.25:8 “ Ia ( TUHAN ALLAH) akan meniadakan maut untuk seterusnya ….”
    Ams 10:2b “….tetapi KEBENARAN menyelamatkan orang dari MAUT.”
    Ams 14:12 dan 16:25 “ Ada jalan yang disangka orang lurus, tapi ujungnya menuju maut” ( Jadi janganlah terlalu yakin akan apa yang dikatakan seorang nabi, dengan membuta, tanpa : berpikir kritis, dan menyelidiki perilakunya hidupnya, sebab banyak nabi palsu )
    Rom 5:15-17 “ Tetapi KARUNIA ALLAH tidaklah sama dengan pelanggaran Adam. Sebab jika karena pelanggaran satu orang (Adam) semua orang telah jatuh didalam kuasa Maut, jauh lebih besar lagi KASIH KARUNIA ALLAH dan KARUNIA NYA, yang dilimpahkan Nya atas semua orang karena satu orang, yaitu YESUS KRISTUS. Ayat 18 : “Sebab itu, sama seperti oleh satu pelanggaran ( Adam) semua orang beroleh penghukuman, demikian pula oleh satu perbuatan KEBENARAN ( YESUS ) semua orang beroleh pembenaran untuk hidup.”
    I Kor 15: 21-22 Sebab sama seperti MAUT datang karena satu orang manusia (Adam), demikian juga kebangkitan orang mati, datang karena satu orang manusia ( YESUS ). Karena sama seperti semua orang mati dalam persekutuan dengan Adam, demikian pula semua orang akan DIHIDUPKAN kembali dalam PERSEKUTUAN dengan KRISTUS. Ayat 54 end : ….” MAUT telah DITELAN dalam KEMENANGAN dan ayat 57 : Tetapi syukur kepada Allah, yang telah memberikan kepada kita KEMENANGAN oleh YESUS KRISTUS, TUHAN kita .
    Rom.6: 9 Karena kita tahu, bahwa KRISTUS, sesudah IA BANGKIT dari antara orang mati, TIDAK MATI lagi ; MAUT TIDAK BERKUASA lagi atas DIA
    2 Tim 1 :10 … oleh kedatangan Juruselamat kita YESUS KRISTUS, yang oleh INJIL telah MEMATAHKAN KUASA MAUT dan mendatangkan HIDUP yang tidak dapat binasa”
    I Tim 6: 16 Dialah ( YESUS) satu-2 nya yang TIDAK TAKLUK kepada MAUT, bersemayam dalam TERANG yang tak terhampiri…..
    Ibr.2:14 Karena anak2 (manusia) itu adalah anak2 dari darah dan daging, maka Ia ( YESUS ) juga menjadi sama dengan mereka dan mendapat bagian dalam keadaan mereka ( manusia), supaya oleh KEMATIAN-NYA, IA MEMUSNAHKAN dia, yaitu iblis, yang berkuasa atas MAUT
    Kol.2:13b-15 …..Dia (YESUS ), sesudah Ia mengampuni segala pelanggaran kita, dengan MENGHAPUSKAN surat hutang, yang oleh ketentuan 2 hukum mendakwa dan mengancam kita. Dan itu DITIADAKAN-NYA dengan memakukannya pada KAYU SALIB. Ia telah MELUCUTI pemerintah2 dan penguasa2 (iblis & pengikut2-nya) dan menjadikan mereka tontonan umum dalam KEMENANGAN-NYA atas mereka.
    Rom.8: 2 Roh (Kudus), yang memberi HIDUP telah MEMERDEKAKAN kamu dalam KRISTUS dari hukum dosa dan hukum Maut
    Rom 8: 3-4 Sebab apa yang tidak mungkin dilakukan hukum Taurat karena tak berdaya oleh daging, telah dilakukan oleh Allah. Dengan jalan mengutus Anak Nya sendiri dalam daging, yang serupa dengan daging yang dikuasai dosa karena dosa, Ia telah menjatuhkan hukuman atas dosa didalam daging, supaya tuntutan hukum Taurat digenapi didalam kita, yang tidak hidup menurut daging (duniawi), tetapi menurut Roh Kudus.

    Bersamb.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kematian Yesus membebaskan Dr iblis..artinya Yesus iblis dong???kn dy mati..bhkan minta tolong bapa nya ,dn dy mengeluh kenapa dy ditinggalkan..???? Konyol kamu...trll bnyak makan kisah yang banyak dogma..

      Hapus
  19. Samb. Kematian Yesus...
    Rom 8: 3-4 Sebab apa yang tidak mungkin dilakukan hukum Taurat karena tak berdaya oleh daging, telah dilakukan oleh Allah. Dengan jalan mengutus Anak Nya sendiri dalam daging, yang serupa dengan daging yang dikuasai dosa karena dosa, Ia telah menjatuhkan hukuman atas dosa didalam daging, supaya tuntutan hukum Taurat digenapi didalam kita, yang tidak hidup menurut daging (duniawi), tetapi menurut Roh Kudus.
    Yoh 5:24 Yesus berkata :”Sesungguhnya barangsiapa mendengar perkataan Ku dan percaya kepada Dia yang mengutus Aku, ia mempunyai HIDUP yang kekal dan tidak turut dihukum, sebab ia sudah pindah dari MAUT ke dalam HIDUP.
    I Yoh.3:14 ….”kita sudah berpindah dari dalam MAUT kedalam HIDUP, yaitu karena kita mengasihi saudara ( sesama) kita. Barangsiapa TIDAK MENGASIHI, ia TETAP didalam MAUT
    Yoh 8:51 “ Aku ( YESUS ) berkata kepadamu ( orang Yahudi yang tidak percaya ) : “Sesungguhnya barangsiapa menuruti firman Ku, ia tidak akan mengalami MAUT sampai se-lama2-nya”.
    Jadi, sesuai dengan Rom 10 :9-10 “ Mereka yang mengaku dengan mulutnya, bahwa YESUS adalah TUHAN, dan percaya dalam hatinya, bahwa Allah telah membangkitkan Dia dari antara orang mati, maka mereka akan DISELAMATKAN” . Dpl DIBEBASKAN dari keterikatan kuasa iblis atas Maut.
    Sebaliknya mereka yang tidak mau percaya dan MENOLAK YESUS sebagai Tuhan dan Juruselamat, TETAP dalam KETERIKATAN KUASA iblis atas MAUT. ALLAH tidak menghukum mereka ( sebab ALLAH tetap mengasihi ciptaan Nya), tapi merekalah yang membawa diri mereka sendiri mengikuti iblis, sang bapa ke Neraka. Sebab mereka telah menolak pertolongan dari Yesus yang ingin membebaskan mereka dari keterikatan kuasa iblis atas Maut, Tapi mereka lebih memilih percaya kepada dusta iblis. SAMA SEPERTI Adam Hawa yang lebih percaya kepada perkataan iblis.
    I Kor.15:45 Manusia pertama, Adam menjadi makhluk yang hidup, tetapi “Adam” yang akhir ( Yesus ) menjadi Roh yang MENGHIDUPKAN.

    BalasHapus
  20. Apakah-ada-Mujizat-Muhammad-? :
    QS.13:27 Atas pertanyaan umat pada zaman itu: “Mengapa tidak diturunkan kepadanya (Muhammad) tanda (mujizat) dari Tuhannya ? Jawabnya: ”Sesungguhnya Allah menyesatkan siapa yang Dia kehendaki….”
    Comment: Memang orang pada zaman itu tidak percaya Muhammad sebagai nabi, dan menanyakan bukti dari Allah berupa tanda mujizat. Ini suatu pertanyaan yang wajar. Tapi lihatlah apa jawaban allah Muhammad ? Bukannya memberi bukti tanda mujizat, malahan menyesatkan orang yang bertanya.
    Baca juga QS.4:143 …”Barangsiapa disesatkan Allah…” dan ayat2 lain yang sama : QS.4:88; QS.14:4 ; QS.16:93 ; QS.18:17 ; QS.42:46 . Rupanya allah ini gemar menyesatkan orang.
    Ini membuktikan tidak adanya mujizat dari Allah yang diberikan kepada Muhammad sebagai bukti kerasulannya., sebagaimana ada pada Yesus. Bila ditantang umat, dia selalu mengelak/ngeles dengan mendatangkan kesesatan ! Umat dilarang keras berpikir kritis, meragukan nabi ; dilarang ber-tanya2, akan dianggap murtad , diancam bunuh !
    Juga di QS.29:50 ketika nabi ditantang umat untuk membuat mujizat, dia menjawab :” aku hanyalah seorang pemberi peringatan “
    Satu2nya yang bisa “dianggap mujizat” adalah : Keberhasilan dia : membutakan umat, membuat mereka tidak bisa berpikir kritis, sehingga tidak bisa membedakan mana dusta, mana kebenaran, bahkan semua terlihat secara terbalik. Juga buta terhadap perilaku hidup nabinya yang buruk: jahat / pembunuh,
    pemfitnah, penuduh, dan cabul, tapi umat melihatnya baik/bagus, bahkan dijadikan teladan dan di puja2.
    Sedangkan mujizat2 yang dikatakan didalam hadis2, sangat tidak meyakinkan kebenarannya, cuma karangan pengikutnya untuk me-nakut2-i orang lain yang mau di islam kan.

    Apakah Yudas yang mati manggantikan Yesus ?
    Yudas adalah murid Yesus yang mengkhianati Dia, jadi tidak masuk akal waraslah, bila Yudas menggantikan Yesus dalam posisi yang Maha Mulia itu, mati sebagai Penebus Dosa semua manusia. Hanya iblislah yang tidak mau manusia mengerti dan menerima Anugerah Keselamatan itu, sehingga ia menipu dan menyesatkan manusia, dengan memutarbalikkan kebenaran itu dan mengatakan Yudas menggantikan Yesus, supaya orang tidak bisa mengerti Jalan Keselamatan itu lalu mendapatkannya.
    Ketahuilah para nabi ( sebelum Yesus turun kedunia) telah menubuatkan kematian dan kebangkitan Yesus ( bukan Isa) dan juga para Rasul, ada 8 orang, semuanya menyaksikan dengan mata kepala mereka tentang : kematian dan kebangkitan Yesus ( bukan Yudas), sebab mereka hidup pada zaman itu dan tinggal di negeri yang sama ( Israel). Jadi klop/ cocok dengan nubuatan para nabi, tergenapi. Mana yang lebih masuk akal/ lebih dapat dipercaya kebenarannya dengan keterangan seorang yang baru lahir 550an tahun setelah itu, TIDAK TAHU APA2, TIDAK menyaksikan kejadian itu, sebab tinggal di negeri yang JAUH (Mekah), TIDAK hidup se zaman, BUTA HURUF lagi, HANYA DENGAR-2 dari orang2/ makhluk yang tidak jelas identitasnya? Keterangan siapa yang lebih dapat dipercaya ? Dengan mudah dapat diketahui mana kitab yang PALSU. Dari sudut pandang jumlahnya yang 8 orang, dibanding dengan 1 orang, mana yang lebih masuk akal untuk dipercaya? SALIB membuktikan KASIH ALLAH kepada manusia.
    Untuk bisa mengerti hal ini, tidak perlu menjadi orang jenius, yang dibutuhkan hanya : Kejujuran hati nurani

    BalasHapus
  21. Apakah-ada-Mujizat-Muhammad-? :
    QS.13:27 Atas pertanyaan umat pada zaman itu: “Mengapa tidak diturunkan kepadanya (Muhammad) tanda (mujizat) dari Tuhannya ? Jawabnya: ”Sesungguhnya Allah menyesatkan siapa yang Dia kehendaki….”
    Comment: Memang orang pada zaman itu tidak percaya Muhammad sebagai nabi, dan menanyakan bukti dari Allah berupa tanda mujizat. Ini suatu pertanyaan yang wajar. Tapi lihatlah apa jawaban allah Muhammad ? Bukannya memberi bukti tanda mujizat, malahan menyesatkan orang yang bertanya.
    Baca juga QS.4:143 …”Barangsiapa disesatkan Allah…” dan ayat2 lain yang sama : QS.4:88; QS.14:4 ; QS.16:93 ; QS.18:17 ; QS.42:46 . Rupanya allah ini gemar menyesatkan orang.
    Ini membuktikan tidak adanya mujizat dari Allah yang diberikan kepada Muhammad sebagai bukti kerasulannya., sebagaimana ada pada Yesus. Bila ditantang umat, dia selalu mengelak/ngeles dengan mendatangkan kesesatan ! Umat dilarang keras berpikir kritis, meragukan nabi ; dilarang ber-tanya2, akan dianggap murtad , diancam bunuh !
    Juga di QS.29:50 ketika nabi ditantang umat untuk membuat mujizat, dia menjawab :” aku hanyalah seorang pemberi peringatan “
    Satu2nya yang bisa “dianggap mujizat” adalah : Keberhasilan dia : membutakan umat, membuat mereka tidak bisa berpikir kritis, sehingga tidak bisa membedakan mana dusta, mana kebenaran, bahkan semua terlihat secara terbalik. Juga buta terhadap perilaku hidup nabinya yang buruk: jahat / pembunuh,
    pemfitnah, penuduh, dan cabul, tapi umat melihatnya baik/bagus, bahkan dijadikan teladan dan di puja2.
    Sedangkan mujizat2 yang dikatakan didalam hadis2, sangat tidak meyakinkan kebenarannya, cuma karangan pengikutnya untuk me-nakut2-i orang lain yang mau di islam kan.

    Apakah Yudas yang mati manggantikan Yesus ?
    Yudas adalah murid Yesus yang mengkhianati Dia, jadi tidak masuk akal waraslah, bila Yudas menggantikan Yesus dalam posisi yang Maha Mulia itu, mati sebagai Penebus Dosa semua manusia. Hanya iblislah yang tidak mau manusia mengerti dan menerima Anugerah Keselamatan itu, sehingga ia menipu dan menyesatkan manusia, dengan memutarbalikkan kebenaran itu dan mengatakan Yudas menggantikan Yesus, supaya orang tidak bisa mengerti Jalan Keselamatan itu lalu mendapatkannya.
    Ketahuilah para nabi ( sebelum Yesus turun kedunia) telah menubuatkan kematian dan kebangkitan Yesus ( bukan Isa) dan juga para Rasul, ada 8 orang, semuanya menyaksikan dengan mata kepala mereka tentang : kematian dan kebangkitan Yesus ( bukan Yudas), sebab mereka hidup pada zaman itu dan tinggal di negeri yang sama ( Israel). Jadi klop/ cocok dengan nubuatan para nabi, tergenapi. Mana yang lebih masuk akal/ lebih dapat dipercaya kebenarannya dengan keterangan seorang yang baru lahir 550an tahun setelah itu, TIDAK TAHU APA2, TIDAK menyaksikan kejadian itu, sebab tinggal di negeri yang JAUH (Mekah), TIDAK hidup se zaman, BUTA HURUF lagi, HANYA DENGAR-2 dari orang2/ makhluk yang tidak jelas identitasnya? Keterangan siapa yang lebih dapat dipercaya ? Dengan mudah dapat diketahui mana kitab yang PALSU. Dari sudut pandang jumlahnya yang 8 orang, dibanding dengan 1 orang, mana yang lebih masuk akal untuk dipercaya? SALIB membuktikan KASIH ALLAH kepada manusia.
    Untuk bisa mengerti hal ini, tidak perlu menjadi orang jenius, yang dibutuhkan hanya : Kejujuran hati nurani

    BalasHapus
  22. Pengakuan/Pembenaran Alkitab oleh Quran ( Sebaliknya nanti ):
    QS 5:68 "Hai ahli kitab, kamu tidak dipandang beragama sedikitpun hingga kamu menegakkan ajaran2 Taurat, Injil dan "apa2" yang diturunkan kepadamu dari Tuhanmu." ( Dalam terjemahan Depag."apa2" diubah menjadi Alquran, padahal saat itu,Alquran belum ada, dan ayat itu sedang membicarakan kitab Taurat dan Injil yang diturunkan kepada ahli kitab, maksudnya orang Kristen dan Yahudi. Apalagi Akitab terdiri dari Taurat, Injil dan 57 kitab2 para nabi lain,sehingga tidak logis lah bila "apa2" ditafsirkan sebagai Alquran. Yang sangat logis ialah bila yang dimaksud dalam ayat ini untuk ditegakkan adalah ajaran Alkitab.
    QS 5:46 "Didalam Injil ada petunjuk dan cahaya (yang menerangi) dan menjadi petunjuk serta pengajaran untuk orang2 yang bertaqwa"
    QS 32:23 "Kami (bukan Aku, berarti jamak) berikan kepada Musa Alkitab,maka janganlah kamu (Muhammad) ragu2 menerima "nya" dan Kami jadikan Alkitab itu petunjuk bagi bani Israel." Lagi2 pembaca disesatkan dengan mengubah "nya" menjadi Alquran. Sangatlah tidak masuk akal, sebab saat itu Alquran belum ada dan ayat itu sedang membicarakan Alkitab yang diturunkan kepada Musa untuk bani Israel, koq tiba2 kalimat ayat itu ngaco, dengan mengubah "nya" menjadi Alquran ? sehingga kalimat ayat itu menjadi sangat janggal. Inilah pengertian ayat yang sebenarnya: “Janganlah kamu (Muhammad) ragu2 menerima Alkitab itu yang telah Kami jadikan petunjuk bagi bani Israel”.
    Selain itu, juga ada kekeliruan di ayat ini, yaitu : Sebenarnya yang ditulis oleh Musa hanyalah kitab Taurat (5 kitab saja), tapi dikatakan (se-olah2 seluruh) Alkitab diturunkan kepada Musa, ini kekeliruan allah dalam mendiktekan.
    QS 10:94 "Jika kamu (Muhammad) ragu2 tentang apa yang Kami turunkan kepadamu, tanyakanlah kepada orang2 yang membaca kitab sebelum kamu " (maksudnya kepada orang Yahudi dan Kristen/ Malu bertanya SESAT di jalan). Kesimpulan dari ayat2 ini: Muhammad disuruh Allah MENEGAKKAN AJARAN Alkitab, supaya menjadi petunjuk untuk orang2 yang bertaqwa.
    Tapi hal ini dianggap membahayakan Islam, dalam arti bisa membuat semua umatnya murtad menjadi Kristen .Oleh karena itu, selain memakai metode plintir/ memutar balikkan Kebenaran2, iblis memakai metode fitnah, dengan tidak tahu malu, menyebarkan fitnah keji bahwa Alkitab sudah dipalsukan.
    Ini sangat tidak mungkin dan tidak masuk akal, sebab Awloh masih memerintahkan Muhammad untuk menegakkannya!! Dan bila dipalsukannya setelah jaman Islam, dimana Alkitab sudah tersebar ke-mana2, lebih tidak mungkin lagi, mana bisa?, pasti ketahuan dong : ayat2 mana yang dipalsukan. , diubah menjadi apa?, Kapan ada konperensi pengubahan ayat2 ? Apa alasan pengubahan ? Tidak mungkin juga semua orang Kristen diseluruh dunia setuju/kompak merubah. Tidak mungkinlah. Satu2-nya kemungkinan adalah : si pemfitnah / penuduh itulah yang memalsukan Alkitab ,dengan membuat kitab palsu/tiruan, lalu dengan nekad dan berani (dalam arti tidak tahu malu) mengklaim kitab buatannya itu sebagai yang asli, dan menuduh Alkitab sudah dipalsukan, padahal dialah pemalsu, yang memalsukannya. Sungguh sangat keji dan tidak tahu malu serta tidak bermoral kelakuannya. Sebab memang tidak ada pihak lain yang menuduh seperti itu, selain dia dan hanya dia, yaitu iblis yang tentunya memakai manusia (yang JAHAT dan bodoh, yang mau dan bisa dijadikan alatnya.)

    BalasHapus
  23. PEMBENARAN / Pengakuan Quran tentang YESUS :
    QS 66:12 Allah menanamkan BENIH Rohul Qudus dalam rahim Maryam, sehingga anaknya menjadi Anak Rohul Qudus = Anak Allah
    QS 21:91 Allah mengisi kedalam tubuh Maryam dengan RohNya ( bukan ciptaan) dan menjadikan dia dan Anaknya TANDA ( Kekuasaan Allah) yang besar bagi semesta alam
    Dari kedua ayat ini jelaslah bahwa: Isa lahir dari seorang perawan, tanpa benih dari seorang laki2 (manusia) tapi dari benih Rohul Qudus= Roh Allah.
    Jadi wajarlah bila Ia disebut Anak Allah/ Manusia Allah/ Yang Teristimewa; bukan suatu hal yang aneh/ sukar dimengerti, kecuali oleh orang idiot (karena dibutakan iblis). Isa berasal dari surga dan sudah kembali kesurga, semua nabi lain berasal dari tanah, sudah kembali ke tanah.
    QS 2:87 ...dan telah Kami (bukan Aku,yang berarti jamak) berikan BUKTI2 KEBENARAN (mujizat) kepada Isa dan Kami memperkuatNya dengan Rohul Qudus. ( Ini tidak pernah diberikan kepada Muhammad)
    QS 3:49 Isa memiliki TANDA (mujizat) dari Allah sebagai BUKTI/ TANDA KEBENARAN kerasulanNya ( Hal ini juga tidak diberikan Allah kepada Muhammad)
    QS 19:19 Isa adalah seorang yang suci ( tidak ada pikiran cabul seperti nabi yang "lain")
    Qs 19:21 Kami menjadikan Isa suatu TANDA bagi manusia dan sebagai RAHMAT dari Kami; dan hal itu adalah suatu perkara yang TELAH DIPUTUSKAN ( Jadi jangan di- plintir2 penafsirannya)
    QS 4:171 Sesungguhnya Isa Almasih adalah utusan ALLAH dan KALIMATNYA dan ROH daripadaNya
    Hadist Anas bin Malik hal 72 " Isa itu sesungguhnya ROH ALLAH dan FIRMANNYA
    QS 43:61 Sesungguhnya Isa itu benar2 memberi pengetahuan tentang hari kiamat... janganlah kamu ragu2 ...ikutilah Aku. Inilah Jalan yang Lurus ( Sirotol Mustakim), Padahal didalam QS 7: 187 dan QS 31 :34 dikatakan : "Sesungguhnya, pengetahuan tentang hari kiamat, hanya pada sisi Allah, kebanyakan manusia tidak mengetahui" Kesimpulan :..?..Bila anda cerdas/tidak bodoh, pastilah bisa mengerti, jangan memutar balikkan kebenaran ini.
    Masalahnya anda hanya membaca dalam bahasa yang tidak anda mengerti. Sekalipun ada terjemahannya, tapi sudah di-plintir2, diputar balikkan kebenaran tersebut, sehingga artinya sudah berbeda. Penerjemah sering menambahkan kata2 dalam kurung dan catatan2 kaki, katanya sih untuk memperjelas arti, tapi kenyataannya jadi merubah arti. Mengapa? Sebab ia KAWATIR bila anda sekalian mengerti, pasti akan menjadi orang Kristen. Itulah sebabnya mengapa tidak dianjurkan membaca terjemahan Qr, apalagi membaca Alkitab, meskipun ayat2 Qr memerintahkannya. Jadi umat DISIBUKKAN dengan menyuruh MENGHAFAL dalam bahasa ARAB, dan di lombakan (MTQ) supaya JANGAN MENGERTI dan sempat berpikir kritis, jangan nanya2 . Umat DI -TAKUT2- I , tidak boleh meragukan Qr atau nabi, akan DIHUKUM.. Selain itu umat juga disibukkan dengan men-cari2 kesalahan agama lain (Kristen) dengan tuduhan2 yang meng- ada2, hanya karena tidak bisa mengerti ayat2 Alkitab, lalu menuduh ayatnya yang salah. Ibarat pepatah : “ Buruk muka cermin dibelah”

    BalasHapus
  24. Apakah yang tertulis didalam Alkitab tentang Yesus?
    Inilah nubuat yang ditulis oleh nabi Yesaya, dipasal 9 : 5-6. ....namaNya disebutkan orang: Penasihat Ajaib,Allah yang Perkasa, Bapa yang Kekal, Raja Damai, Besar kekuasaanNya. Dan di Yes pasal 53:3-4 ...Ia sangat dihina...., tetapi sesungguhnya penyakit kitalah yang ditanggungNya dan kesengsaraan kita yang dipikulNya. Ayat 5).....ganjaran yang mendatangkan keselamatan bagi kita ditimpakan kepadaNya. 7)Dia dianiaya, tetapi Dia membiarkan diriNya ditindas.8)....Ia terputus dari negeri orang2 hidup....( meninggal). 9)....dalam matiNya, Ia ada diantara penjahat2. 10).....Ia menyerahkan diriNya sebagai korban penebus salah, Ia akan melihat keturunanNya,umurNya akan lanjut (akan hidup lagi). 11)....dan HambaKu itu,sebagai orang yang benar, akan membenarkan banyak orang oleh HikmatNya dan kejahatan mereka Dia pikul. 12).... Ia menanggung dosa banyak orang. ( Maaf ayat ini dikutip sebagian saja, silakan membaca selengkapnya didalam Alkitab). Baca juga Mzm 103: 1-4. Pantaskah anda membenci Nya, yang tetap mengasihi anda ?
    Mat.1:21 ....Dia Yesus, karena Dialah yang akan menyelamatkan umatNya dari dosa mereka.
    I Petr.2:24 Ia sendiri telah memikul dosa kita didalam tubuhNya dikayu salib, supaya kita yang telah mati terhadap dosa, hidup untuk kebenaran. Oleh bilur2Nya kamu telah sembuh.
    Yoh.1: 29-30 ....lihatlah Anak Domba Allah yang menghapus dosa dunia.... Dia telah ada sebelum aku (padahal Yohanes lebih tua usianya dari Yesus). Baca lah juga Yoh.1: 1-18 supaya lebih jelas.
    Yoh.10:17-18 ....Aku memberikan nyawaKu untuk menerimanya kembali. Tidak seorangpun mengambilnya dari padaKu, melainkan Aku memberikan nya menurut kehendakKu sendiri. Aku berkuasa memberikannya dan berkuasa mengambil kembali.
    Yoh.13:13.....katamu itu tepat,sebab memang Akulah Guru dan Tuhan
    Kis 10:36 ..Yesus Kristus yang adalah Tuhan dari semua orang"
    Kis.16:31......Percayalah kepada Tuhan Yesus Kristus dan engkau akan selamat, engkau dan seisi rumahmu"
    Fil.2:5-8 Kristus Yesus yang walaupun dalam rupa ALLAH, tidak menganggap kesetaraan itu sebagai milik yang harus dipertahankan,melainkan telah mengosongkan diriNya sendiri, dan mengambil rupa seorang hamba dan menjadi manusia. Ia telah merendahkan diriNya dan taat sampai mati dikayu salib.
    Fil.2:10-11 Supaya dalam nama Yesus bertekuk lutut segala yang ada dilangit dan yang ada diatas bumi, dan yang ada dibawah bumi dan segala lidah mengaku:" Yesus Kristus adalah Tuhan, bagi kemuliaan Allah Bapa
    Ibr.1:2-3....Oleh Dia(Yesus) Allah telah menjadikan alam semesta. Ia adalah cahaya kemuliaan Allah dan Gambar Wujud ALLAH dan menopang segala yang ada dengan firmanNya yang penuh kekuasaan.
    Kol.1:15 Ia (Yesus) adalah Gambar ALLAH yang tidak kelihatan, yang sulung, lebih utama dari segala yang diciptakan, karena didalam Dialah telah DICIPTAKAN segala sesuatu, yang ada di sorga dan yang ada dibumi, yang kelihatan dan yang tidak kelihatan.....; segala sesuatu DICIPTAKAN oleh DIA dan untuk DIA...17) Ia ada terlebih dahulu dari segala sesuatu dan segala sesuatu ada didalam Dia.....19) Karena seluruh kepenuhan ALLAH berkenan diam didalam DIA.
    Wahyu 21:27....Tidak akan masuk kedalamnya (sorga) sesuatu yang najis..... hanya mereka yang namanya tertulis didalam Kitab Kehidupan Anak Domba itu ( Tuhan Yesus)
    Wah.22:12 Sesungguhnya Aku datang segera.... 13) Aku adalah Alfa dan Omega, yang Pertama dan Yang Terkemudian, Yang Awal dan Yang Akhir. Bandingkan dengan QS 57 : 1-3
    2Kor.4: 3-4 Jika Injil yang kami beritakan masih tertutup juga, maka ia tertutup untuk mereka yang akan BINASA, yaitu orang2 yang tidak percaya, yang pikirannya telah DIBUTAKAN oleh ilah zaman ini, sehingga mereka tidak melihat CAHAYA INJIL tentang KEMULIAAN KRISTUS, yang adalah GAMBARAN ALLAH.

    BalasHapus
  25. Samb. ttg Yesus :
    2Kor.4: 3-4 Jika Injil yang kami beritakan masih tertutup juga, maka ia tertutup untuk mereka yang akan BINASA, yaitu orang2 yang tidak percaya, yang pikirannya telah DIBUTAKAN oleh ilah zaman ini, sehingga mereka tidak melihat CAHAYA INJIL tentang KEMULIAAN KRISTUS, yang adalah GAMBARAN ALLAH.
    Bila anda tidak percaya kepada kebenaran ini, dan lebih percaya kepada dusta, terserahlah, Allah pun tidak memaksa orang percaya kepadaNya, meskipun Ia senang bila anda percaya, karena Ia tidak menginginkan seorangpun yang binasa. Ia sangat mengasihi semua manusia ciptaanNya. Bila anda belum bisa percaya,tapi mau selamat, berdoalah mohon Terang Illahi, petunjukNya, kepada Allah Pencipta Langit dan Bumi, Pencipta segala makhluk, entah Allah yang diimani orang Kristen kah atau Allah yang diimani Muslim kah,atau Allah yang diimani orang2 agama lainkah? dengan tulus/jujur/sungguh2. Amin

    BalasHapus
  26. CIRI2 TUHAN, ALLAH yang SEJATI, yang BENAR :
    Ia tidak hanya MEMERINTAHKAN umat manusia hidup suci/kudus, tapi juga memberi JALAN KESELAMATAN dan MEMBUKTIKAN KASIH NYA yang Maha itu,dengan memberi ANUGERAH KESELAMATAN, sebagaimana tertulis dalam Yoh3:16. Setelah itu Ia juga memberi sarana2/KEMAMPUAN untuk umat Nya supaya dapat DIPASTIKAN KESELAMATAN masuk sorga, bukan mudah2an, yaitu :
    1.Ia membaptis umatNya dengan Air dan Roh Kudus, dan memberi kuasa supaya mereka menjadi anak2 Allah
    2.Sesudah itu ,Ia mengaruniakan anak2Nya, hati dan roh yang baru, yang baik,yang taat kepadaNya,serta juga Roh Kudus,dalam diri anak2Nya, supaya mereka sanggup hidup suci kudus dan sanggup melakukan semua perintah2Nya (Yeh 36 : 26)
    3.Secara rutin,setiap minggu/bulan, Ia memberi anak2Nya " makan tubuh dan minum darah Nya" (yaitu perjamuan kudus) supaya mereka memiliki gen Allah dalam tubuh mereka (" sedarah dan sedaging dengan Allah" ) sehingga semakin hari semakin menyerupai Allah dalam hal : sifat/karakter, kecendrungan, dan kekudusan ( Yoh 6: 53-58 ). Yang bukan anak2 Allah akan semakin menyerupai iblis,bapa mereka
    4.Bila anak2Nya masih juga berbuat dosa, segera Allah akan memberi ganjaran (didunia) berupa musibah, atau sakit penyakit dsb, supaya mereka segera bertobat, sebab disorga tidak ada lagi penghukuman ( Rom 8:1-2). Selain itu juga diberi kesempatan untuk minta ampun dosa, dan Ia pasti mengampuni sesuai janjiNya didalam I Yoh 1:8-9. Namanya juga anak, tidak ada orang tua waras yang sadis menghukum mati anaknya, apalagi Allah. Ia pasti meng istimewa kan anak2 Nya.
    5.Sebagaimana Raja akan memberi anak2nya pengawal pribadi, demikian juga ALLAH akan memberi anak2 Nya Malaikat Pengawal/ Pelindung, yang akan menjaga dari segala kejahatan dan godaan setan, dan pada hari kematian, Malaikat Pengawal akan membawanya terbang kesorga.
    6.Sebagaimana anak2 Raja pasti dan berhak tinggal di istana Raja, bapanya, demikian juga anak2 Allah berhak dan pasti masuk/ tinggal di sorga, dirumah Bapa Sorgawi.
    Sebaliknya, mereka yang tidak mau menjadi anak Allah, segera disambar dan dicaplok iblis, dijadikan anak2 nya, mau atau tidak mau, dipaksa, sebab tidak punya malaikat Pengawal / Pelindung, sehingga tidak mampu melawan. Dan pada hari kematiannya, pasti mengikuti sang bapa keneraka, sesuai Qs.19 :71

    BalasHapus
  27. bismillah
    tiada tuhan semesta alam, yang menciptakan siang berganti dengan malamnya.
    yang menciptakan kegelapan rahim, dan tidak lah tuhan yang berbilang, beranak dan di pernanakan yang berhak di sembah selain ALLAH.

    singkat aj mas menanggapi uraian yang di atas " DIMANA YESUS SAAT BERUSIA 12-30 thn ?"

    dalam uraian di atas di jelaskan
    - yesus di usia itu (12-30) : yesus mengikuti orang yahudi yang seusianya yaitu
    " kesimpulan "
    Dari tahapan-tahapan pendidikan Yahudi pada zaman Yesus, latar belakang agama, budaya dan sosial ekonomi, jelas bahwa kontroversi cerita-cerita mengenai 18 tahun kehidupan Yesus yang tidak tercatat sama sekali tidak mempunyai landasan yang kuat secara historis. Berdasarkan analisa yang sudah dipaparkan, selama 18 tahun tersebut, atau saat berusia antara 12 tahun – 30 tahun, Yesus tinggal bersama keluarganya di Nazareth. Ia menempuh pendidikan seperti layaknya anak-anak Yahudi dan juga membantu orang tuanya sebagai tukang kayu (carpenter) ".

    saya garis besari..................... yesus menempuh pendidikan layakny anak-anak yahudi.
    jadi disini dapat kita simpulkan
    pikiran2 yesus telah terkontaminasi oleh para pendeta2 orang yahudi. dapat di katakan firman yang ada di yesus bukan dari Tuhan .
    tapi dari doktrit yang di ajarkan GURU2nya.
    GURU2 yesus mengajarkan semua tentang ke illahian.......... dan pada usia 30 (yesus) dapat mengajarkan kepada smua orang.
    nah................................
    terjawab jelas firman2 yang ada (di bawa yesus) telah terkontaminasi oleh guru2 yahudi bukan dari tuhan langsung.

    BalasHapus
  28. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  29. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  30. Agama yang logic dan rasional...mantap kristen...tidak membuat bingung umatnya...dan untuk Yudas si pahlawan selamat untuk mu yang telah membantu penebusan dosa. Walau engkau imbalannya neraka..sagatlah rasional agama kristen ini..

    BalasHapus
  31. Saya baru baca, pas komen @ervan asri hanya saya baca sedikit..terus aku lihat kelanjutannya tanpa membacanya. Ini mau diskusi apa mau nulis cerita..tdk memberikan kesempatan yg lain. Maaf, seperti ngigau!!

    BalasHapus
  32. IKUT BELAJAR, SIAPA TAHU ADA YG BANTU:

    Al Baqarah ayat 30
    Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para Malaikat: Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi. Mereka berkata: Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau? Tuhan berfirman: Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui.
    Tafsir Almuyasar: Sampaikan -wahai Rasul- kepada manusia,,,Sesungguh nya Aku akan menciptakan DI BUMI suatu kaum yang sebagian akan meneruskan sebagian yang lain untuk memakmurkannya….

    Al Baqarah ayat 31
    Dan Dia mengajarkan kepada Adam nama-nama (benda-benda) seluruhnya, kemudian mengemukakannya kepada para Malaikat lalu berfirman: Sebutkanlah kepada-Ku nama benda-benda itu jika kamu mamang benar orang-orang yang benar!

    Al Baqarah ayat 32
    Mereka menjawab: Maha Suci Engkau, tidak ada yang kami ketahui selain dari apa yang telah Engkau ajarkan kepada kami;,,”

    Al Baqarah ayat 33
    Allah berfirman: Hai Adam, beritahukanlah kepada mereka nama-nama benda ini. Maka setelah diberitahukannya kepada mereka nama-nama benda itu, Allah berfirman: Bukankah sudahKu katakan kepadamu, bahwa sesungguhnya Aku mengetahui rahasia langit dan bumi dan mengetahui apa yang kamu lahirkan dan apa yang kamu sembunyikan ?
    Al Baqarah ayat 34
    Dan (ingatlah) ketika Kami berfirman kepada para malaikat: Sujudlah kamu kepada Adam, maka sujudlah mereka kecuali Iblis; ia enggan dan takabur dan adalah ia termasuk golongan orang-orang yang kafir.

    Al Baqarah ayat 35
    Dan Kami berfirman: Hai Adam, diamilah oleh kamu dan isterimu surga ini, dan makanlah makanan-makanannya yang banyak lagi baik dimana saja yang kamu sukai, dan janganlah kamu dekati pohon ini , yang menyebabkan kamu termasuk orang-orang yang zalim.

    Al Baqarah ayat ke-36
    Lalu keduanya digelincirkan oleh syaitan dari surga itu dan dikeluarkan dari keadaan semula dan Kami berfirman: Turunlah kamu! sebagian kamu menjadi musuh bagi yang lain, dan bagi kamu ada tempat kediaman di bumi, dan kesenangan hidup sampai waktu yang ditentukan.

    ANALISA MENURUT SAYA SURAT ALBAQARAH AYAT 30 S/D 36 :
    (1). Ayat 30 : Malaikat sudah memperingatkan Tuhan bahwa MENCIPTAKAN MANUSIA AKAN MENIMBULKAN PENGRUSAKAN DAN PERTUMPAHAN DARAH,,,Allah Egois/membantah bahwa DIA lebih tahu dari malaikat.

    FAKTA : MaLaikat yg benar...SEJAK ADAM TERCIPTA TERJADI PERTUMPAHAN DARAH DAN PENGRUSKAN DI BUMI HINGGA DETIK INI..

    (2) AYAT 31: Adam diberitahu oleh Allah nama2 sesuatu, Malaikat/Iblis TIDAK DIBERITAHU..! Lalu mereka DITEST/DIUJI untuk menentukan siapa yg lebh pintar...JELASLAH ADAM PEMENANGnya..!

    ANALISA : KOK TUHAN DLM QURAN TIDK ADIL YA ?? YG SATU DIBERI TAHU YANG LAIN TIDK ? HARUSNYA TUHAN FAIR ,JUJUR DAN ADIL.. SESUAI HAKEKATNYA YG MAHA ADIL, tdk CURANG.!

    (3) AYAT 30 : TUJUAN UTAMA MANUSIA diciptakan UNTUK MENJADI KALIFAH DIBUMI...ternyata bertentangan dengn ayat (35) " ...Hai Adam, diamilah oleh kamu dan isterimu SURGA INI .."
     Kenapa Allah TIDK KONSISTEN MENEMPATKAN MANUSIA DI BUMI, SEPRTI TUJUAN SEMULA DIKATAKAN PADA MALAIKAT (AYT 30).??
     AKHIRNYA MANUSIA MEMANG MENDIAMI BUMI..TETAPI ITU BUKAN SESUAI RENCANA AWAL YG TUHAN RANCANG, TETAPI AKIBAT BERBUAT DOSA DAN TERUSIRLAH DR SURGA (AYT 36)

    lanjuuuut,,,,

    BalasHapus
  33. Sambungan,,,,,

    (4) Menurut ISLAM SURGA TEMPAT SUCI, PASTI TDK AKAN DAN TIDK BOLEH ADA DOSA.Tapi Koq Setan bisa dgn LELUASA masuk keluar sorga menggoda manusia ?? ..JIKA DEMIKIAN SURGA ISLAM BKN TEMPAT SUCI LAGI ???

    (5) INI LEBIH MEMBINGUNGKAN, Tfsir (AYT 30): Sampaikan -wahai Rasul- kpda manusia saat Rabbmu berfirman kepada para malaikat, Sesungguh nya Aku akan menciptakan DI BUMI suatu kaum yang sebagian akan meneruskan sebagian yang lain untuk memakmurkannya.

    Tafisr ini JELAS mengatakan Manusia akan diciptakan di BUMI, tapi Ketika BERBUAT DOSA koq DIUSIR dari SURGA ??

    PERTANYAAN : Sebenarnya dimana Adam diciptakan, DI BUMI ATAU DISURGA ???? Kalau tercipta dari Tanah,harusnya di BUMI karena jelas2 Material pembentuk manusia awal (Tanah) ada di BUMI….TAPI KENAPA TERUSIR DARI SURGA ???...Atau adakah keterangan di quran bahwa Surga TERBUAT DARI TANAH JUGA ??
    (6) Ayat 34 Allah menyuruh Malaikat SUJUD PADA MANUSIA,,,BUKANKAH INI PERBUATAN MUSRIK ?? KARENA HANYA TUHANLAH YANG PATUT DISEMBAH, SELAIN DARIPADA ITU ADALAH MUSRIK..

    Hadeeeeh,,.PUSING DEEH….Ada yang bisa menjelaskan ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya gw cuma bisa bilang brenti baca buku karangan malaikat jatuh itu dan mulai baca alkitab, kalo udah selesai, ulang lagi wkwkwk

      Hapus
    2. Markus 1:15
      kata-Nya: "Waktunya telah genap; Kerajaan Allah sudah dekat. Bertobatlah dan percayalah kepada Injil!"

      Galatia 1:6-9
      (6)Aku heran, bahwa kamu begitu lekas berbalik dari pada Dia, yang oleh kasih karunia Kristus telah memanggil kamu, dan mengikuti suatu injil lain,

      (7)yang sebenarnya bukan Injil. Hanya ada orang yang mengacaukan kamu dan yang bermaksud untuk memutarbalikkan Injil Kristus.

      (8)Tetapi sekalipun kami atau seorang malaikat dari sorga yang memberitakan kepada kamu suatu injil yang berbeda dengan Injil yang telah kami beritakan kepadamu, terkutuklah dia.

      (9)Seperti yang telah kami katakan dahulu, sekarang kukatakan sekali lagi: jikalau ada orang yang memberitakan kepadamu suatu injil, yang berbeda dengan apa yang telah kamu terima, terkutuklah dia.

      Hapus
  34. Siapakah sebenarnya batu-batu ini?
    Apakah batu-batu ini adalah alloh?
    Apakah tujuan naik haji hanya untuk mengusap batu-batu ini?
    Apakah batu-batu ini yang disembah waktu sholat?
    sabda Nabi shallallahu alaihi wa sallam, "Sesungguhnya, mengusap Hajar Aswad dan Rukun Yamani dapat menghapuskan dosa-dosa." (HR. Ahmad dari Ibnu Umar, dinyatakan shahih oleh Al-Albany dalam Shahih Al-Jami, no. 2194)

    BalasHapus
  35. Hai! Gan, Ayo mampir ke http://judionline.forumotion.com untuk ikuti Diskusi Seputar Prediksi Bola, Taruhan Bola, Judi Live Casino, Bola Tangkas, Poker & Togel Online Indonesia

    Forum Judi Online Indonesia
    Forum Bola
    Forum Casino Online
    Forum Poker
    Forum Togel

    Anda mencari Agen Judi Online atau Agen Bola SBOBET terpercaya? Kunjungi situs kami di http://365liga.net

    BalasHapus
  36. Jangan lupa ayat ini juga sangat penting untuk disampaikan kepada dunia:

    Yakobus 2:19
    Engkau percaya, bahwa hanya ada satu Allah saja? Itu baik! Tetapi setan-setanpun juga percaya akan hal itu dan mereka gemetar.

    Orang Kristen juga tahu bahwa Allah hanya ada satu.

    BalasHapus
  37. http://muslimharustahu.blogspot.co.id/2016/04/daftar-contekan-kitab-kitab-yang.html

    BalasHapus
  38. Buat semua orang yang mau belajar mengerti tentang injil silahkan kunjungi: https://thebibleproject.com/explore/
    Anda akan menemukan banyak jawaban atas ketidaktahuan Anda disana baik untuk yang kristiani maupun non kristiani.

    Jangan sampai tersesat! karena iblis (Lucifer) adalah malaikat yang sangat cerdas memutarbalikkan fakta dan menipu manusia sejak awal mula manusia dijadikan.


    BalasHapus