Minggu, 26 Juni 2005

69) Yesus bertemu pertama kalinya dengan Petrus dan Andreas di Danau Galilea atau di tepi sungai Yordan?

69) Apakah Yesus bertemu pertama kalinya dengan Petrus dan Andreas di Danau Galilea (Matius 4:18-22) atau di tepi sungai Yordan? (Yohanes 1:42-43)

JAWAB : (Kategori : Salah mengartikan ayat)

Bacalah Matius 4:18-22 dan Yohanes 1:35-43

Pertanyaan di atas menyatakan bahwa salah satu kitab Injil mencatat bahwa Yesus bertemu dengan Simon Petrus dan Andreas di Danau Galilea, sedangkan kitab injil lainnya menyatakan bahwa Yesus bertemu mereka di sungai Yordan. Nah mana yang benar? Sebenarnya, penulis yang berbeda menuliskan kejadian dan pertemuan yang berbeda. Jadi, kedua-duanya benar.

Yohanes 1:35 dan seterusnya menyebutkan bahwa Yesus bertemu mereka di tepi sungai Yordan, dan mereka menghabiskan waktu bersama-Nya di sana. Andreas (mungkin juga Petrus) adalah murid-murid Yohanes Pembaptis. Mereka berangkat dari daerah ini pergi ke Galilea, di daerah sekitar Kana tempat dimana Yesus melakukan mujizatNya yang pertama "Sesudah itu Yesus pergi ke Kapernaum, bersama-sama dengan ibu-Nya dan saudara-saudara-Nya dan murid-murid-Nya, dan mereka tinggal di situ hanya beberapa hari saja" (Yohanes 2:12).

Petrus dan Andreas sendiri berasal dari kota Betsaida (Yohanes 1:44) tetapi kemudian mereka tinggal di Kapernaum (Matius 8:14-15; Markus 1:30-31; Lukas 4:38-39), beberapa mil dari Betsaida. Mereka berdua bekerja sebagai nelayan, maka masuk akal mereka menangkap ikan di daerah kediaman mereka selama beberapa hari tersebut (pada saat-saat itu Yesus baru mulai mengajar dan menyembuhkan orang banyak secara terbuka).

Dari sinilah Matius memulai kisahnya, yaitu ketika Petrus dan Andreas sedang menangkap ikan di Danau Galilea, Yesus memanggil mereka untuk menjadi pengikut-Nya secara permanen dengan meninggalkan pekerjaan. Sebelum ini Yesus tidak pernah meminta kepada mereka untuk menjadi murid-Nya, tetapi mereka mengikuti-Nya karena mendengar kesaksian dari Yohanes Pembaptis tentang Yesus (Yohanes 1:35-39). Dan karena kesaksian ini diperkuat dengan mujizat yang dilakukan di Kana serta ucapan-ucapan Yesus (Yohanes 1:47-51) termasuk saat pertemuan mereka dengan Dia (yang ternyata paling bijaksana dan sempurna yang pernah hidup di muka bumi), maka dapat dipahami mengapa mereka mau meninggalkan segalanya untuk mengikuti Yesus (akan tidak masuk akal jikalau mereka meninggalkan tempat tinggal mereka dan pekerjaan mereka, hanya karena mengikuti orang asing yang bertanya kepada mereka, seperti orang-orang yang terhipnotis mengikut saja orang yang men-gendam-nya). Dan Yesus tidak membujuk/menggoda mereka atau siapapun, mereka mengikuti Yesus karena mereka telah tahu siapa Yesus itu. Maka bisa dipahami apa yang ditulis dalam Matius 4:18-22 adalah bukan perjumpaan Petrus atau Andreas dengan Yesus untuk yang pertama kalinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar