Rabu, 17 Agustus 2005

73) Yesus membersihkan Bait Suci pada hari pertama atau keesokan harinya

73) Ketika Yesus masuk ke Yerusalem apakah Ia membersihkan Bait Suci pada hari pertama (Matius 21:12) atau pada keesokan harinya ? (Markus 11:1-17)

JAWAB : (Kategori : Salah memahami maksud penulis)

Baca Matius 21:10-23 dan Markus 1:1-17

Kunci untuk memahami pertentangan di atas terletak pada cerita Matius. Sesekali Matius menyusun penulisannya berdasarkan topik dan bukan urutan waktu. (Perhatikan nomor di bawah) untuk lebih jelasnya.

Dengan pemahaman ini, mungkin saja Matius hanya bermaksud menghubungkan upaya pembersihan Bait Suci dengan masuknya Yesus ke Yerusalem, walau pembersihan Bait Suci memang baru dilakukan pada keesokan harinya. Matius 21:12 menyatakan bahwa "Yesus masuk ke Bait Allah" tetapi tidak disebutkan begitu jelas apakah itu dilakukan begitu tiba di Yerusalem. Baru pada ayat 17 dikatakan bahwa Ia meninggalkan Yerusalem menuju Betania dan bermalam di situ. Markus 11:11 juga menunjukkan bahwa Ia pergi ke Betania untuk bermalam, tetapi hal itulah yang dilakukan oleh Yesus setiap malam selama seminggu itu mereka berada di Yerusalem.

Matius 21:23 mengatakan : "Lalu Yesus masuk ke Bait Allah" sama seperti pada Matius 21:12. Tetapi Lukas 20:1 menceritakan bahwa "pada suatu hari ketika Yesus …. Ada di Bait Allah", yang mana menunjukkan waktu yang tidak menyambung waktu pengutukan pohon ara.

Berdasarkan keterangan di atas, kemungkinan alurnya adalah sebagai berikut : Yesus datang ke Bait Suci (Bait Allah) ketika Ia dielu-elukan masuk ke Yerusalem, berkeliling di sana dan kemudian beristirahat di Betania. Keesokan paginya Ia mengutuk pohon ara dalam perjalanan ke Yerusalem (sehingga semua daun pada pohon ara itu kering dan layu) lalu membersihkan Bait Suci ketika Yesus tiba di sana. Kemudian Yesus kembali lagi ke Betania malam itu, dan mungkin karena saat itu sudah hampir malam, pohon ara yang layu itu tidak menjadi perhatian para murid-murid-Nya. Baru pada keesokan paginya mereka melihat apa yang telah terjadi pada pohon ara tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar