Senin, 23 Mei 2005

65) 14 atau 13 keturunan dari pembuangan Babel sampai Kristus?

65) Apakah ada empat belas (Matius 1:17) atau tiga belas (Matius 1:12-16) keturunan dari pembuangan Babel sampai kepada Kristus?


JAWAB : (Kategori : Salah memahami penggunaan bahasa Ibrani)

Matius 1:17,

"Jadi seluruhnya ada: empat belas keturunan dari Abraham sampai Daud, empat belas keturunan dari Daud sampai pembuangan ke Babel, dan empat belas keturunan dari pembuangan ke Babel sampai Kristus."

PASAI {semua} OUN {oleh karena itu} HAI GENEAI {generasi} APO {dari} ABRAAM {Abraham} HEÔS {hingga} DABID {Daud} GENEAI {generasi} DEKATESSARES {empat belas} KAI {dan} APO {dan} DABID {Daud} HEÔS {hingga} TÊS METOIKESIAS {pengangkutan} BABULÔNOS {Babel} GENEAI {generasi} DEKATESSARES {empat belas} KAI {dan} APO {dari} TÊS METOIKESIAS {pengangkutan} BABULÔNOS {Babel} HEÔS {hingga} TOU KHRISTOU {Kristus} GENEAI {generasi} DEKATESSARES {empat belas}

Matius menuliskan garis silsilah dengan itikad baik. Tidak ada kesimpulan mutlak yang dapat menyalahkannya. Menurut apa yang dituliskannya dapat kita bagikan sebagai berikut :

NO

Abraham hingga Daud, generasi 'theokrasi' (pemerintahan Allah)

Daud hingga pembuangan (Yosia), generasi 'monarkhi' (pemerintahan raja)

Pembuangan (Yekhonya) hingga Kristus, generasi 'hierarkhi' (pemerintahan imam)

1

Abraham

Daud

Yekhonya

2

Ishak

Salomo

Sealtiel

3

Yakub

Rehabeam

Zerubabel

4

Yehuda

Abia

Abihud

5

Peres

Asa

Elyakim

6

Hezron

Yosafat

Azor

7

Ram

Yoram

Zadok

8

Aminadab

Uzia

Akhim

9

Nahason

Yotam

Eliud

10

Salmon

Ahas

Eleazar

11

Boas

Hizkia

Matan

12

Obed

Manasye

Yakub

13

Isai

Amon

Yusuf

14

Daud

Yosia

Yesus Kristus

Matius menggunakan dua ungkapan berbeda, "pada waktu pembuangan ke Babel", 'epi tês metoikesias babulônos' (Matius 1:11) berarti hingga pada era Yosia. Ungkapan kedua "sesudah pembuangan ke Babel", 'meta de tên metoikesian babulônos' (Matius 1:12), menggunakan preposisi berbeda yaitu antara 'epi' dan 'meta'.

Jangan paksakan perhitungan ala kita untuk diterapkan di zaman kuno. Perhitungan ala kita dapat saja dengan menjumlahkan nama dari Abraham hingga Yesus Kristus, semuanya 41 kemudian angka ini pasti tidak dapat dibagi tiga karena 3 x 14 = 42, kurang satu atau setidak-tidaknya ada satu nama yang menjadi poros perhitungan Matius. Para pakar teologia mengatakan bahwa Raja Daud-lah yang menjadi poros perhitungan karena namanya memiliki nilai 14 (dâlet = 4; vâv = 6; dan dâlet = 4).

Namun, ada kemungkinan jawaban lain yaitu menurut Alkitab HRV (Hebraic Root Version) dan HDT (Hebrew Du Tillet), Abihud memperanakkan Abner, Abner memperanakkan Elyakim. Dengan demikian jumlah 14 generasi dari pembuangan ke Babel sampai Kristus (ayat 17) adalah tepat.

1 komentar:

  1. Kesalahan terletak pada penerjemahan alkitab.

    Seharusnya bukan pembuangan ke babel, namun yang dibuang ke babel (yoyakim)

    Penulis matius sengaja tidak menulis nama yoyakim, seperti tidak menulis nama betsyeba dan menyebutnya dengan istri uria.

    Openbiblica.com

    BalasHapus